Kantor Otban III Kampanye Keselamatan Penerbangan di Masa Pandemi Covid-19

Safety and Healthy Campaign di Bandar Udara Juanda - www.harianbhirawa.co.id
Safety and Healthy Campaign di Bandar Udara Juanda - www.harianbhirawa.co.id

Sidoarjo – Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III berupaya untuk terus melakukan sosialisasi pada masyarakat bahwa di masa pandemi virus corona (Covid-19) ini moda transportasi udara tak hanya mengedepankan aspek keselamatan, tetapi juga memberi perhatian khusus pada kesehatan para calon penumpang.

“Upaya sosialisasi dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan Safety and Healthy Campaign di Bandar Udara Juanda yang melibatkan seluruh stakeholder di Bandar udara Juanda dengan membagikan masker secara gratis kepada calon penumpang,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Dr Ir Fadrinsyah Anwar, MBA dalam Webinar dengan tema Terbang Selamat, Aman, Nyaman, dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19, Selasa (22/9) pagi, seperti dilansir Beritalima.

Kegiatan Safety and Healthy Campaign pun sudah dilakukan di bandara yang ada di wilayah kerja Kantor Otoritas Bandar Udara dengan konsep yang berbeda-beda tetapi dengan tujuan sama yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, GM Bandara Udara Juanda Indah Preastuti mengatakan bahwa sudah banyak hal yang dilakukan Bandara Juanda untuk memberi jaminan keselamatan serta rasa aman dan nyaman untuk penumpang, petugas, dan pegawai di lingkungan Bandara Juanda Surabaya.

“Kami pastikan protokol kesehatan berlangsung ketat di kawasan Bandara Juanda,” ujar Indah. Di samping itu, pihak PT Angkasa Pura I Cabang Juanda juga melakukan pengaturan jam kerja supaya para petugas dapat tetap mempunyai waktu istirahat dan mengurangi jumlah personel yang bertugas.

Dalam memberi jaminan keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19, perwakilan dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Mahdan Izohar mengaku melakukan pengawasan keselamatan operasi bandara yang meliputi fasilitas, personel, dan prosedur.

Mahdan menjelaskan, sesuai surat edaran (SE) 13 Tahun 2020 Tentang Operasional Transportasi Udara Dalam Masa Kegiatan Masyarakat Produktif dan Aman dari Corona Disease 2019 (COVID-19), telah diatur terkait slot time dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dengan beberapa ketentuan yakni perhitungan penetapan kapasitas terminal bandar udara pada waktu sibuk. Penetapan kapasitas terminal bandar udara sebagaimana dimaksud ditetapkan paling banyak 50% dari jumlah Penumpang Waktu Sibuk (PWS) pada masa normal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*