Sempat Tutup, Bandara Juanda Kembali Layani Penerbangan Umrah pada Januari 2021

Ilustrasi : Jamaah Umrah di Bandara Juanda - www.suarasurabaya.net

SURABAYA – Setelah sempat ditutup lantaran ada varian baru virus corona, penerbangan umrah dari Indonesia kembali dibuka pada awal tahun 2021 ini melalui sejumlah bandara, termasuk Bandara Internasional Juanda. Karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, para jamaah juga diwajibkan mematuhi aturan ketat, seperti karantina, swab test, dan penggunaan protokol kesehatan lainnya.

Pada Sabtu (9/1) kemarin, sebanyak 106 orang jamaah umrah berangkat dari Bandara Internasional Juanda menuju Arab Saudi menumpang pesawat Airbus A330-300 milik maskapai Lion Air. Menurut kabar terbaru, ratusan jamaah tersebut telah mendarat di Jeddah pada hari Minggu (10/1) dengan selamat dan langsung menjalani prosedur kesehatan untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

“Keberangkatan rombongan umrah ini merupakan yang kedua oleh biro kami selama pandemi COVID-19,” ujar Vice President Director PT Dreams Tours and Travel, Muhammad Umar Bakadam, dilansir dari Surya. “Rombongan perdana kami sudah berangkat pada 15 Desember 2020 lalu. Sebenarnya, ada rombongan lagi, sebelum tahun baru, tetapi ditutup. Sehingga, rombongan kedua ini merupakan rombongan pertama di tahun 2021.”

Dijelaskan Umar, pada minggu ketiga Desember 2020 lalu dan akhir tahun, pemerintah Arab Saudi kembali menutup kedatangan jamaah umrah, sehingga rombongan yang sudah siap berangkat menjadi mundur. “Sesuai ketentuan karena masih pandemi, kami melakukan beberapa aturan ketat, mulai dari karantina, PCR test untuk jamaah, dan penggunaan protokol kesehatan lainnya untuk mencegah penularan COVID-19,” sambung Umar.

Setelah tiba di Jeddah, calon jamaah harus menjalani karantina terlebih dahulu sebelum bisa melanjutkan perjalanan ke Mekah. Regulasi karantina di Arab Saudi sendiri masih sama, yakni tiga hari sejak kedatangan. Selain itu, syarat umrah pun tidak berubah, tetap untuk usia 18 hingga 51 tahun. “11 Januari 2021, Insya Allah akan ada grup umrah start dari Jakarta oleh Garuda Indonesia,” tutur Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia ( Amphuri), Zaky Zakaria Anshary.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*