Arab Saudi Umumkan Akan Buka Lagi Penerbangan Umrah Mulai 14 Maret 2020

Maskapai Lion Air - www.scmp.com

Jakarta – Maskapai Lion Air resmi menghentikan sementara penerbangan umrah ke Arab Saudi mulai hari Jumat (28/2) kemarin. Penerbangan umroh ini sengaja dihentikan menyusul diumumkannya kebijakan penangguhan penerbangan oleh pemerintah Arab Saudi untuk warga negara asing yang hendak datang ke negaranya.

“Lion Air menghentikan sementara semua layanan penerbangan umrah dari 13 kota keberangkatan dari Indonesia ke Arab Saudi sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, Jumat (28/2), seperti dilansir Kompas.

Danang mengungkapkan bahwa penundaan penerbangan sementara ini dilakukan sesuai pemberitahuan resmi dari regulator Kerajaan Arab Saudi – General Authority of Civil Aviation (GACA) Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. Langkah tersebut juga sejalan dengan surat Edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tentang Penghentian Sementara Rute Penerbangan ke Saudi Arabia. “Lion Air tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional,” ujarnya.

Penghentian penerbangan sementara pun dilakukan sebagai langkah preventif bagi awak pesawat dan para calon jemaah untuk menangkal penyebaran virus corona. Danang pun telah meminta seluruh mitra dan agen penyelenggara umrah yang bekerja sama dengan Lion Air untuk memberi informasi terkait penundaan terbang pada seluruh calon jemaah dari Indonesia. 

“Lion Air akan terus memantau dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan setempat di Arab Saudi serta akan menyampaikan pemberitahuan berdasarkan perkembangan terbaru,” paparnya.

Kingdom of Saudi Arabia (KSA) belum lama ini juga mengumumkan akan kembali membuka negaranya untuk menerima kunjungan umrah dan ziarah makam Rasulullah di Nabawi. Dalam telegramnya pada seluruh biro travel di dunia, Kerajaan Arab Saudi akan membuka seluruh bandara mulai tanggal 14 Maret 2020 mendatang. Oleh sebab itu, seluruh biro travel diimbau untuk mendata ulang dan mendaftar kembali para calon penumpang.

Seperti diketahui, KSA sempat menghentikan kunjungan warga negara asing ke negaranya, menyusul kabar yang menyebutkan virus corona mulai memasuki Aljazair, Oman, Iran, Mesir, UAE, dan negara Timur Tengah lain. Hal itu pula yang mengakibatkan ribuan jemaah umrah asal Indonesia tertahan di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan Bandara Juanda Surabaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*