Dapat Kucuran Dana, PT AP I Pasang Target 140 Juta Penumpang per Tahun

Jakarta – Dalam jangka waktu hingga 5 tahun ke depan PT Angkasa Pura (AP) memiliki target untuk meningkatkan kapasitas penumpang bandara sampai 2 kali lipat. Bahkan AP I mematok target hingga 140 juta penumpang per tahunnya.

“Kalau sekarang kapasitas sekitar 80 juta penumpang per tahun bisa meningkat menjadi sekitar 140 juta penumpang per tahun di 13 bandara yang dikelola AP I,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Jakarta, Selasa (18/12), seperti dilansir Tempo.

PT AP I merupakan pengelola 13 bandar udara di Indonesia, antara lain Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Juanda, Bandara Sultan Hasanuddin, Bandara Sams Sepinggan, Bandara Frans Kaisiepo, Bandara Adisutjipto, Bandara Internasional Lombok, Bandara Sam Ratulangi, Bandara Syamsudin Noor, Bandara Ahmad Yani, Bandara El Tari, Bandara Pattimura, dan Bandara Adi Soemarmo.

Dari 13 bandara yang berada di bawah pengelolaan AP I, ada 9 bandara yang kini masih dalam tahap pengembangan, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Ahmad Yani, Bandara Juanda, dan Bandara Sam Ratulangi. Kesembilan bandara itu sengaja dikembangkan untuk mengatasi masalah pertumbuhan penumpang yang lebih tinggi dari kapasitas tampung bandara.

Dalam 5 tahun ke depan, PT AP I juga menargetkan untuk dapat mengelola 10 bandara baru, di antaranya Bandara Sentani, Bandara Komodo, dan bandara Samarinda baru. “Skala bisnis kami akan berubah signifikan dan proses pengembangan bandara ini butuh dukungan pendanaan,” papar Faik.

Pada 2018 PT AP I menginvestasikan dana mencapai Rp 18,8 triliun dan Rp 17 triliun tahun 2019. Total kebutuhan investasi untuk pendanaan selama 5 tahun ke depan mencapai Rp 76 triliun. Belum lama ini PT AP I memperoleh pendanaan berupa pinjaman dari bank dan lembaga keuangan non-bank senilai Rp 5 triliun.

Adapun fasilitas pendanaan senilai Rp 5 triliun pada Desember 2018 itu mencakup Rp 2 triliun dari PT Bank Tabungan Negara, Rp 2 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur, dan Rp 1 triliun dari PT Bank BRI Syariah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *