Sempat Alami Gangguan, Landasan Pacu Bandara Juanda Sudah Beroperasi Normal

Batik Air sempat mengalami kendala di landasan pacu Bandara Juanda - voi.id

SURABAYA – Landasan pacu Bandara Internasional Juanda dikabarkan sempat mengalami gangguan pada hari Minggu (22/5) yang membuat sejumlah pesawat mengalihkan rute penerbangan ke Bali. Namun, setelah dilakukan pengecekan dan perbaikan, PT Angkasa Pura I memastikan bahwa landasan pacu Bandara Juanda saat ini sudah beroperasi secara normal dan tidak mengganggu jadwal penerbangan.

“Tim bandara bergerak cepat mengevakuasi pesawat kembali ke apron. Proses pushback pesawat membutuhkan waktu 50 menit dan pesawat dapat kembali parkir ke apron pada pukul 10.15 WIB,” papar Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Yuristo Adi, dilansir dari CNN Indonesia. “Tidak ada kendala pada jadwal keberangkatan. Namun, ada empat pesawat kedatangan yang terdampak dan pendaratan dialihkan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.”

Mengutip Mediakaltim, pesawat Super Air Jet bernomor penerbangan IU641 bertolak dari Bandara APT Pranoto Samarinda pukul 09.39 WITA dan seharusnya tiba di Bandara Juanda pukul 10.00 WIB. Namun, pesawat tidak bisa langsung mendarat dan sempat berputar-putar di atas wilayah Surabaya sebanyak empat kali, hingga akhirnya terpaksa beralih ke Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk melakukan pendaratan.

Hampir senada, VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan, memaparkan bahwa gangguan terjadi saat pesawat Batik Air ID 6309 SUB-CGK hendak take off di jam tersebut. Akibatnya, pesawat harus push back atau kembali ke apron bandara yang membutuhkan waktu hingga 50 menit. :Proses pushback yang memakan waktu hingga hampir 60 menit itu dibantu oleh para petugas teknis bandara dan pesawat baru bisa kembali parkir di apron sekitar pukul 10.15 WIB.

“Proses pushback pesawat membutuhkan waktu 50 menit dan pesawat dapat kembali parkir ke apron pada pukul 10.15 WIB. Meski begitu, tidak ada kendala pada jadwal keberangkatan di bandara, kecuali jadwal kedatangan empat pesawat yang sempat mengalihkan rute,” ungkap Handy. “Tidak ada penutupan aerodrome dan Bandara Juanda normal beroperasi. Tim teknik telah selesai melakukan perbaikan secara taktikal dan tidak mengganggu jadwal penerbangan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*