Low Season, Benarkah Harga Tiket Pesawat Sudah Turun?

Bandara Internasional Juanda Surabaya - id.wikipedia.org

JAKARTA/SURABAYA – Maskapai penerbangan dikabarkan sudah menurunkan harga tiket pesawat terbang setelah peak season libur Natal dan Tahun Baru kemarin. Melalui penelusuran di beberapa situs booking online, harga tiket pesawat untuk sejumlah rute favorit, seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, dan Jakarta-Bali memang sudah turun hampir dua kali lipat pada masa low season ini.

Dalam salah satu biro perjalanan online (online travel agent), harga tiket pesawat Lion Air rute Jakarta-Surabaya kini mulai Rp455.000, dari semula Rp840.000. Kemudian, tiket pesawat rute Jakarta-Yogyakarta dari Rp629.900 menjadi Rp396.700, sedangkan tiket pesawat rute Jakarta-Bali sekarang dijual mulai Rp759.700 dari semulia Rp1.407.600.

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Budijanto Ardiansjah, sebenarnya harga tiket pesawat rute domestik masih tinggi. Kalaupun dianggap penurunan, itu hanya peralihan dari high season menuju low season. “Penurunan tarif merupakan bentuk harga promo yang diberikan maskapai untuk beberapa kelas penerbangan,” kata Budi.

“Itu trik promosi saja karena low season. Tentunya kalau benar-benar turun secara permanen adalah hal yang baik, tapi sepertinya kita masih harus melihat beberapa bulan ke depan semoga airlines itu konsisten,” sambung Budi. “Sistem harga tiket pesawat saat ini berbeda. Sebelumnya memiliki disparitas tarif batas bawah dan batas atas.”

Sementara itu, pengamat penerbangan, Gatot Raharjo, menilai bahwa penurunan tiket pesawat terbang yang dilakukan Lion Air agaknya sulit dilakukan atau diikuti oleh maskapai lain, terutama Garuda Indonesia. Pasalnya, maskapai pelat merah tersebut baru saja merasakan keuntungan dengan harga tiket yang normal. 

“Namun, Citilink mengikuti kebijakan Garuda, jadi bisa saja dia dikorbankan untuk bersaing dengan Lion Air,” papar Gatot. “Sementara, Sriwijaya Air, diprediksi tidak akan mengambil keputusan untuk menurunkan harga tiket pesawat. Kalau Sriwijaya, saat ini produksinya dipangkas habis. Kalau maskapai juga pasang harga rendah, bisa rugi.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*