Citilink Resmi Berhenti Layani Penerbangan Surabaya-Jember

Maskapi citilink
Maskapai Citilink - www.titik0km.com

Jember – Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) Citilink Indonesia tak lagi melayani penerbangan rute Bandara Juanda Surbaya – Bandara Notohadinegoro dan sebaliknya dengan pesawat bertipe ATR72 mulai tanggal 14 November 2019 lalu. Calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan Citilink pun diarahkan untuk melalui Bandara Banyuwangi.

“Citilink Untuk dari dan ke Jember, sudah tidak beroperasi lagi. Efektif 14 November 2019. Kalau menggunakan Citilink jarak terdekat ada alternatif dari daerah Banyuwangi,” ujar Station Manager Jember Citilink, Yogi Ardi Asmoko, Sabtu (16/11), seperti dilansir Faktualnews.

Dihentikannya operasional pesawat terbang komersial oleh Citilink tersebut sudah disampaikan secara resmi melalui surat yang ditujukan pada Bupati Jember. Sayangnya Yogi tak mengungkapkan secara rinci apa penyebab Citilink berhenti melayani penerbangan rute Surabaya-Jember tersebut. “Untuk (alasan penghentian penerbangan) menunggu arahan dari kantor pusat,” ungkap Yogi.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi terkait penghentian operasional penerbangan Citilink Surabaya-Jember, Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Edi Purnomo juga masih belum memberikan tanggapan. Sebagai informasi, Citilink adalah maskapai penerbangan yang baru beroperasi sekitar 8 bulan di Bandara Notohadinegoro Jember dengan penerbangan perdana yang dilakukan pada tanggal 1 April 2019 lalu.

Citilink sendiri kala itu mengambil alih rute penerbangan yang sebelumnya dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia. Garuda Indonesia sebelumnya menerbangi rute Jember-Surabaya pergi pulang (PP) sejak 16 Juli 2014 dengan mengoperasikan armada pesawat jenis ATR 72-600 yang kapasitasnya mencapai 70 penumpang dengan jadwal penerbangan setiap hari.

Akan tetapi, Garuda Indonesia kemudian mengurangi jumlah frekuensi penerbangan lantaran kurangnya permintaan untuk rute tersebut. Dari yang awalnya dilayani setiap hari, penerbangan rute Jember-Surabaya hanya dilayani sebanyak 4 kali dalam seminggu pada Januari 2019. Hingga pada akhirnya penerbangan Garuda Indonesia dari dan ke Jember benar-benar berhenti beroperasi pada Maret 2019 lalu serta dialihkan ke Citilink.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*