Pengembangan Rampung, 4 Bandara Angkasa Pura I Siap Layani Mudik Lebaran

Suasana penumpang di Bandara Juanda - detik.com

Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) mempersiapkan 4 bandara yang sudah rampung pengembangannya untuk dapat melayani penumpang di masa mudik Lebaran 2022. Upaya pengembangan bandara yang sudah dilakukan AP I sejak pandemi ini telah meningkatkan kapasitas bandar udara yang dikelola.

“Setidaknya ada 4 bandara yang telah diselesaikan pada tahun lalu dan siap mendukung operasional pada musim mudik lebaran 2022. Ke-4 bandara tersebut adalah Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Internasional Lombok,” kata VP Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan, Selasa (5/4), seperti dilansir dari Bisnis.

Lebih lanjut Handy menjelaskan, pengembangan Terminal 1 Bandara Juanda sudah diperluas ke arah timur dari yang sebelumnya mempunyai luas 67.000 m2 dengan kapasitas 6 juta penumpang per tahun, bertambah jadi 91.700 m2 dengan kapasitas 8,7 juta per tahun.

Kemudian, Bandara Pattimura Ambon telah diperluas pada area terminal yang tadinya sebesar 10.270 m2 menjadi 16.090 m2 yang sanggup menampung 1,6 juta sampai 2,3 juta penumpang per tahun. Bangunan terminal tersebut dilengkapi fasilitas 3 unit garbarata, 18 unit check in counter, dan 5 gate yang berada di ruang tunggu.

Demikian pula dengan Bandara Sam Ratulangi Manado yang diperluas terminal dan fasilitas penunjang lainnya dari sebelumnya 26.481 m2 dengan kapasitas 2,6 juta penumpang per tahun kini mempunyai luasan terminal sebesar 59.049 m2 dengan kapasitas 5,7 juta penumpang per tahun. Dengan begitu, bandara ini memiliki 8 boarding gate, 45 check in counter, 6 unit garbarata, dan fasilitas penunjang lainnya.

Tak ketinggalan, Bandara Internasional Lombok juga diperluas untuk mendukung kawasan pariwisata Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) Mandalika. Sebelumnya luas terminal bandara ini hanya 24.123 m2 dan dapat menampung 3,25 juta penumpang per tahun menjadi 43.501 m2 dan dapat menampung 7 juta penumpang per tahun.

Selain itu, PT Angkasa Pura I juga siap untuk mengimplementasikan aturan perjalanan terbaru seiring dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan RI No 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19 yang efektif berlaku tanggal 5 April 2022.

Dalam aturan tersebut salah satunya tercantum bahwa pelaku perjalanan dalam negeri yang sudah memperoleh vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. Namun, PPDN yang sudah vaksin dosis kedua wajib menunjukkan hasil rapid test antigen atau RT-PCR. Sedangkan PPDN yang baru memperoleh vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*