Sepanjang 2019, Penumpang Bandara Juanda Turun 20,79%

Bandara Juanda Surabaya - mediaindonesia.com

SURABAYA – Sepanjang tahun 2019 yang baru saja berakhir, Bandara Internasional Juanda tercatat melayani sebanyak 16,6 juta penumpang. Angka ini turun 20,79 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 20,1 juta penumpang. Selain itu, pergerakan pesawat juga menurun 17,12 persen dari 156.519 penerbangan di tahun 2018 menjadi 129.719 penerbangan.

“Jika dilihat dari tren industri aviasi sepanjang tahun 2019, prediksi kami memang terjadi penurunan,” papar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Heru Prasetyo, dilansir Detik. “Hal ini dialami oleh hampir semua bandara di Indonesia, tidak hanya di Bandara Juanda. Namun, secara umum, dengan dukungan berbagai pihak, termasuk TNI AL dan seluruh elemen komunitas bandara, kami dapat mempertahankan kinerja operasional bandara dengan catatan zero accident dan pengakuan ketepatan waktu atau On Time Performance di bulan Mei oleh OAG.”

Heru menambahkan, selama tahun 2019, Bandara Juanda juga sukses menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan beberapa program strategis, seperti penyelenggaraan layanan angkutan haji, Posko Angkutan Lebaran, dan Posko Natal Tahun Baru (Nataru). Menyambut Tahun Baru 2020 ini, beragam fasilitas baru akan dapat dinikmati oleh pengguna jasa Bandara Juanda.

“Kami optimis menyongsong tahun baru serta yakin dapat mencapai target jumlah penumpang pada tahun 2020 yaitu 19,2 juta penumpang, dengan fasilitas baru yang juga ditargetkan rampung di tahun ini,” sambung Heru. “Perluasan Terminal 1 beserta fasilitas penunjang ditargetkan dapat selesai pada bulan Mei atau ketika angkutan Lebaran dimulai.”

Jika telah selesai, kapasitas Terminal 1 Bandara Juanda akan meningkat 126 persen, dari semula berkapasitas 6 juta penumpang per tahun menjadi 13,6 juta penumpang per tahun, dengan luasan terminal seluas 91.700 m2. Hingga 31 Desember 2019, bobot progres keseluruhan pekerjaan perluasan dan pembenahan interior tahap I beserta fasilitas penunjangnya sudah mencapai 49,77 persen.

Pada perayaan malam pergantian tahun kemarin, pihak Bandara Juanda menyuguhkan tari dan pertunjukan kostum nasional. Para penumpang pun diajak menulis berbagai harapan mereka untuk tahun 2020 di sebuah papan. Bahkan, beberapa penumpang terakhir yang mendarat di bandara pada tahun 2019, menerima pengalungan bunga dari PT Angkasa Pura I.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*