AP I Imbau Penumpang Tiba di Bandara 3 Jam Sebelum Jadwal Keberangkatan

Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I - www.liputan6.com
Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I - www.liputan6.com

Jakarta – PT Angkasa Pura I (persero) mengimbau para calon penumpang pesawat untuk tiba di bandar udara sekitar 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Imbauan ini disampaikan setelah diberlakukannya ketentuan perjalanan orang dalam negeri melalui udara pada masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 9 Agustus 2021 mendatang.

Menurut Direktur Utama AP I Faik Fahmi, sektor transportasi menindaklanjuti penerapan kebijakan itu guna menekan laju penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, para petugas bandara AP I bersama pemangku kepentingan dan komunitas bandara juga menerapkan protokol kesehatan di seluruh area bandara dan kantor administrasi pada masa pandemi ini untuk membantu meminimalisir laju penularan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang memang benar-benar harus melakukan perjalanan udara pada masa perpanjangan PPKM Level IV ini untuk dapat menyiapkan dokumen syarat penerbangan sehari sebelum keberangkatan dengan benar dan teliti, serta tiba di bandara sekitar 3 jam sebelum waktu keberangkatan demi kenyamanan dan kelancaran proses keberangkatan serta untuk menghindari penumpukan pemeriksaan dokumen syarat perjalanan,” jelas Faik, Selasa (3/8), seperti dilansir Bisnis.

Sementara itu, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan bahwa aturan tentang syarat perjalanan transportasi di wilayah seiring dengan perpanjangan PPKM level 1-4 hingga 9 Agustus 2021 masih merujuk pada Instruksi Mendagri Nomor 27, 28 dan 29/2021.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengungkapkan aturan mengenai syarat perjalanan transportasi masih merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16/2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan pada 26 Juli 2021. Aturan yang berlaku di tiap daerah Pembagian wilayah disesuaikan dengan Instruksi Mendagri No 24,25 dan 26/2021 dimana terdapat kategori PPKM berdasarkan Level 1,2,3 dan 4.

“Untuk kategori PPKM Level 4 dan 3, pengguna moda transportasi udara wajib menunjukkan kartu vaksin [minimal vaksinasi dosis pertama] dan surat keterangan hasil negatif tes RT- PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan,” terangnya.

Sedangkan untuk kategori PPKM Level 2 dan 1 bagi moda transportasi udara wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*