Penumpang Makin Meningkat, Bandara Juanda Tambah 5 Gate di Terminal 1

Penumpang Pesawat Juanda - radarsurabaya.jawapos.com

Sidoarjo – Setelah dilonggarkannya aturan untuk melakukan perjalanan udara bagi masyarakat, arus penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur pun kini mengalami peningkatan.

Apabila setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) beberapa waktu lalu di Surabaya Raya jumlah penerbangan hanya sekitar 13 penerbangan, maka kini jumlah meningkat hingga 25 penerbangan dari Bandara Juanda ke sejumlah daerah.

Sedangkan untuk pergerakan penumpang yang berangkat dari Bandara Juanda pun saat ini rata-rata telah mencapai 11.000 orang per hari. Sebelumnya, dalam sehari rata-rata penumpang yang berangkat lewat Bandara Juanda mencapai 9.000 orang. Pada Juni 2020 lalu, jumlah penumpang pesawat rute domestik di Bandara Juanda sebanyak 155.452 orang. Jumlah tersebut mencakup kedatangan dan keberangkatan.

Apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 lalu, terjadi penurunan jumlah penumpang yang cukup signifikan. Pada Juni 2019, jumlah penumpang di Bandara Juanda mencapai 1.285.775 orang. Seiring dengan adanya peningkatan penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal ini, pihak PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda pun membuka 5 gate baru di Terminal 1 untuk mengantisipasi kerumunan.

“Kalau kita melihat pertumbuhan yang semakin nambah akibat aturan-aturan yang sudah melonggarkan seperti rapid test yang 3 hari menjadi 14 hari. Kemudian sudah ada pergerakan-pergerakan penumpang, ini kami mengantisipasi dengan penambahan gate kami. Jadi ada 5 gate, per gate itu duduknya diatur 1-4 dan seterusnya kelompok-kelompoknya kita atur supaya gate itu dapat terpenuhi untuk menampung penumpang,” kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, seperti dilansir dari Kompas.

Selain itu, pihak Bandara Juanda juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Pemeriksaan dokumen kesehatan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) I Surabaya. Para petugas di Bandara Juanda pun dibekali dengan alat pelindung diri (APD) supaya dapat menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang yang hendak melakukan perjalanan udara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*