Lantaran Pandemi, Target Perluasan Bandara Juanda Mundur Tahun 2021

Faik Fahmi, Direktur Utama AP I - mediaindonesia.com

JAKARTA – Sebelumnya diharapkan rampung pada bulan November 2020, PT Angkasa Pura I merevisi target perluasan Bandara Internasional Juanda. Pengerjaan proyek pelabuhan udara di Kabupaten Sidoarjo tersebut terpaksa ditunda hingga tahun 2021 mendatang lantaran pandemi virus corona. Tidak hanya Bandara Juanda, ada empat bandara lain yang juga mengalami penundaan serupa.

“Sebelum adanya pandemi Covid-19, kami merencanakan pengembangan 10 bandara untuk ditingkatkan kapasitasnya. Bandara-bandara tersebut sebelumnya sudah mengalami lack of capacity,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dilansir CNBC Indonesia. “Tahun 2019, tiga bandara selesai ditingkatkan kapasitasnya, yakni Jogja, Banjarmasin, dan Semarang. Sebenarnya di 2020, kami akan mulai menyelesaikan sisa 7 lagi. Namun, memang karena ada pandemi, kami reschedule untuk memastikan kemampuan finansial bisa dijaga dengan baik.”

Tujuh bandara yang dimaksud adalah Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Internasional Lombok, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Dari 7 bandara itu, hanya 2 bandara yang tetap diprioritaskan, yakni Bandara Lombok terkait penyelenggaraan MotoGP dan Bandara Sam Ratulangi, sedangkan 5 bandara sisanya ditunda perluasannya.

“Pandemi Covid-19 memang berdampak pada rencana investasi perseroan,” timpal Direktur Keuangan PT Angkasa Pura I, Andi S. Bratamihardja. “Memang, karena dampak pandemi ini menjadwal ulang sebetulnya. Yang sudah dicanangkan, itu ditelaah lagi mana yang wajib diselesaikan dan mana yang ditunda dan bahkan di-review, cancel, atau hold dulu.”

Sebenarnya, pada bulan Agustus kemarin, perusahaan menargetkan agar proyek perluasan Terminal I Bandara Juanda bisa rampung pada November mendatang. Pasalnya, hingga pertengahan tahun, progres perluasan sudah mencapai angka 92 persen. Tak hanya Terminal I, pengembangan Bandara Juanda ini juga mencakup pembenahan interior dan fasilitas penunjangnya, overlay runway 10-28, rekonstruksi apron B Terminal 2, dan perluasan terminal kargo internasional.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*