Siap-Siap, Tarif Tol Waru-Bandara Juanda Mungkin Naik Tahun 2020

Bandara Juanda Surabaya
Bandara Juanda Surabaya - joss.co.id

SURABAYA – Memasuki tahun 2020, masyarakat Indonesia harus merogoh kocek lebih dalam untuk bisa menikmati berbagai fasilitas umum, termasuk jalan tol. Pasalnya, beberapa ruas jalan tol diperkirakan akan mengalami kenaikan tarif. Setidaknya, ada 29 ruas jalan tol yang akan mengalami penyesuaian tarif, termasuk tol Waru-Bandara Internasional Juanda.

Dilansir dari Detik Finance, pengelola tol diketahui diberikan kesempatan untuk mengajukan penyesuaian tarif setiap dua tahun sekali sesuai dengan ketetapan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Namun, pengelola tol harus memenuhi evaluasi standar pelayanan minimum (SPM) yang ditetapkan Kementerian PUPR.

Dari data Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, setidaknya ada 8 jalan tol yang terakhir kali mengalami penyesuaian tarif di tahun 2018. Ruas-ruas tol ini bisa kembali mengajukan penyesuaian pada 2020 sesuai aturan di atas. Kemudian, ada pula 21 ruas tol lain yang juga berhak mengajukan penyesuaian tarif. Ruas-ruas tol ini merupakan ruas yang baru pertama kali dioperasikan pada tahun 2018.

Khusus untuk tol Waru-Bandara Juanda, penyesuaian tarif terakhir kali diberlakukan pada bulan September 2018 lalu. Kala itu, PT Citra Margatama Surabaya menaikkan tarif kendaraan golongan I dari Rp7.500 menjadi Rp8.000 dan kendaraan golongan II dari Rp11.000 menjadi Rp12.000. Sementara, tarif kendaraan golongan III, IV, dan V, semuanya kompak turun dengan kisaran Rp1.500 hingga Rp6.500.

“Yang lebih tepatnya disebut penyesuaian. Karena dari lima golongan, yang dua naik tetapi yang tiga turun,” kata Humas PT CMS, Zulkhoir, saat itu. “Ada pertimbangan tersendiri atas penyesuaian tarif itu, yaitu untuk mengurangi biaya transportasi dan mendukung distribusi logistik. Selain itu, penyesuaian tarif juga dalam rangka menjalankan kebijakan pemerintah.”

Untuk diketahui, Tol Juanda memiliki panjang sekitar 12 kilometer yang melintasi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Ada enam gerbang tol pada jalur tersebut, yaitu Gerbang Menanggal, Gerbang Berbek I, Gerbang Berbek II, Gerbang Tambaksumur I, Gerbang Tambaksumur II, dan Gerbang Juanda. Tol ini menjadi andalan masyarakat yang ingin mengakses Bandara Juanda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*