Trafik Penumpang di Bandara Angkasa Pura I Naik 44%

Penumpang Pesawat Juanda - radarsurabaya.jawapos.com

Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) melaporkan pertumbuhan trafik penumpang selama bulan Agustus 2020 sebesar 44,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya, Juli 2020. Adapun di bulan Agustus 2020 trafik penumpang di 15 bandar udara yang dikelola oleh AP I mencapai 1,96 juta orang, melampaui pencapaian bulan Juli 2020 yang hanya sebesar 1,36 juta orang, serta trafik bulan Juni yang hanya 648 orang.

Tak hanya trafik penumpang, trafik pesawat di bandara-bandara AP I bulan Agustus 2020 pun mencapai 26.362 pergerakan, tumbuh 20 persen apabila dibandingkan dengan trafik pesawat pada Juli 2020 yang hanya sebanyak 21.954 pergerakan. Sayangnya, trafik kargo justru mengalami penurunan sebesar 2,6 persen dari 36 juta kg pada Juli menjadi 35 juta kilogram pada Agustus.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, trafik penumpang terus tumbuh secara konsisten sejak diberlakukannya masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal beberapa bulan lalu, sehingga menambah optimisme terkait kebangkitan sektor aviasi.

Hal ini juga seiring dengan upaya para pelaku industri aviasi yang terus berupaya mengampanyekan keamanan dan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) baik di pesawat maupun di bandara.

“Melalui kampanye #SafeTravelCampaign dan #TerbangLagi, para pelaku industri aviasi terus mendorong masyarakat agar tidak ragu dan percaya diri untuk dapat melakukan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru,” jelas Faik, Rabu (2/9), seperti dilansir Liputan6.

Demi memudahkan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan udara, PT Angkasa Pura I juga sudah menyediakan fasilitas rapid test atau tes cepat di 11 bandara, termasuk di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Fasilitas tersebut diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk memenuhi dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk naik pesawat udara di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Penyediaan fasilitas rapid test Covid-19 pun dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penularan virus corona di bandara. “Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan udara melalui bandara-bandara Angkasa Pura I,” tandas Faik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*