Ada Vaksinasi Covid-19, Angkasa Pura I Targetkan Jumlah Penumpang Naik 80,69%

VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan - www.patrolipost.com
VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan - www.patrolipost.com

JAKARTA – Jika PT Angkasa Pura II menargetkan trafik penumpang pesawat terbang tumbuh 27 persen sepanjang 2021, maka PT Angkasa Pura I memiliki target yang lebih tinggi. Perusahaan tersebut menginginkan jumlah penumpang bisa tumbuh sebesar 80,69 persen dibandingkan tahun 2020. Target tersebut ditetapkan seiring dengan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

“Kami menyambut baik telah dimulainya proses vaksinasi Covid-19 di Tanah Air. Hal ini dapat membawa sedikit optimisme bagi industri aviasi nasional ke depan,” tutur VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan, dikutip dari Tempo. “Dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP), pada 2021 ditargetkan dapat melayani hingga 57,6 juta penumpang per tahun atau meningkat 80,65 persen dibandingkan tahun 2020 yang melayani hingga 31,8 juta penumpang di 15 bandara.”

Selain pertumbuhan jumlah penumpang, operator pelat merah tersebut juga menargetkan pertumbuhan pergerakan penerbangan hingga 584.077 pergerakan pesawat atau meningkat hingga 51,57 persen dibandingkan tahun 2020. Sebelumnya, sepanjang 2020 lalu, PT Angkasa Pura I melayani hingga 385.345 pergerakan pesawat di 15 bandara yang mereka kelola.

“Untuk mencapai target tersebut, perseroan akan fokus melakukan inisiatif dari segi revenue dan cost guna mengoptimalkan sumber pendapatan dan efisiensi biaya yang dikeluarkan. Fokus ini diturunkan dalam tiga strategi,” papar Handy. “Pertama adalah revenue enhancement yang fokus dalam meningkatkan sumber pendapatan eksisting, kedua adalah new business opportunities, dan yang ketiga adalah cost effectiveness.”

Seperti PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II juga menetapkan tahun 2021 sebagai periode pemulihan bisnis, setelah pada tahun lalu merupakan periode mempertahankan bisnis di tengah pandemi Covid-19. Perusahaan tersebut menargetkan dapat melayani 45 juta penumpang sepanjang tahun ini, atau naik sekitar 27 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pemulihan sektor penerbangan nasional juga didorong cukup besarnya pasar domestik di Indonesia. PT Angkasa Pura II juga mengupayakan agar sektor penerbangan dapat tetap berkontribusi di dalam mendukung aktivitas masyarakat,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Bandara Soekarno-Hatta akan tetap menjadi yang paling besar dibandingkan dengan bandara-bandara perseroan lainnya, diperkirakan akan berkisar 27 juta penumpang hingga 31,5 juta penumpang.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*