Penerbangan Bandara Juanda Berlakukan Kriteria Khusus Bagi Penumpang

posko khusus untuk memperketat penumpang - www.jawapos.com
posko khusus untuk memperketat penumpang - www.jawapos.com

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda memberlakukan kriteria khusus untuk orang yang hendak melakukan perjalanan lewat Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Hal ini sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada 6 Mei 2020 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Adapun kriterianya meliputi penumpang yang akan melaksanakan tugas kedinasan, kepentingan umum, kesehatan dan medis, pulang ke daerah asal, kebutuhan repatriasi, layanan fungsi ekonomi penting, mobilisasi pekerja migran Indonesia, maupun kriteria penumpang lainnya yang diatur sesuai dengan kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Guna memastikan seluruh penumpang yang berangkat melalui Bandara Juanda telah sesuai dengan kriteria, PT Angkasa Pura I menyiapkan posko pengamanan dan pemeriksaan calon penumpang di Bandara Juanda mulai 7 Mei 2020. Posko tersebut terletak di sebelah timur anjungan atau dekat dengan ATM center Terminal 1 Bandara Juanda. “Posko sudah siap dan mulai difungsikan,” kata Communication Manager Bandara Internasional Juanda Sumiran, seperti dilansir Jawapos.

Posko tersebut dijaga oleh berbagai unsur, mulai dari satgas pam hingga kantor kesehatan pelabuhan (KKP). Selain memeriksa dokumen, petugas juga memeriksa kondisi kesehatan penumpang sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Penumpang diminta menunjukkan dokumen atau persyaratan yang ada. Termasuk surat keterangan untuk melakukan perjalanan,” jelas Sumiran. Hal itu merupakan bukti bahwa penumpang mempunyai tujuan yang jelas dan bukan melakukan perjalanan mudik. Pasalnya, posko sengaja disiapkan memang untuk mencegah masyarakat mudik, khususnya dengan pesawat. “Semua calon penumpang bakal diperiksa,” tuturnya.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo pun mengimbau masyarakat untuk memerhatikan kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi. “Demi kelancaran dan keamanan penerbangan terbatas ini, kami mengimbau para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Bandar Udara Internasional Juanda untuk mematuhi segala ketentuan dan aturan yang diberlakukan, mengingat kebijakan larangan mudik oleh pemerintah masih diberlakukan,” terangnya.

“Kemudian untuk para calon penumpang agar datang 1-2 jam sebelum jam keberangkatan karena ada pemeriksaan kelengkapan dokumen pada posko gabungan yang telah disediakan,” tandas Heru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*