Bandara Juanda Operasikan 6 Rute Penerbangan Baru, Apa Saja?

Pesawat di Bandara Juanda - www.wartanasional.com
Pesawat di Bandara Juanda - www.wartanasional.com

SURABAYA – Bandara Internasional Juanda menyediakan enam rute baru pada bulan September 2022 ini. Lima dari rute tersebut akan melayani penerbangan domestik dan dioperasikan oleh maskapai Super Air Jet, sedangkan satu rute sisanya untuk penerbangan internasional tujuan Singapura yang dilayani maskapai Batik Air.

“Rute penerbangan baru disediakan Batik Air dari Bandara Juanda menuju Bandara Internasional Changi sekali dalam sehari,” terang General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar, dilansir dari Kompas.com. “Penerbangan ke Singapura tersebut menggunakan pesawat tipe narrow body Boeing 737-800NG dengan kapasitas 156 penumpang.”

Penerbangan perdana rute Surabaya-Singapura dilaksanakan melalui Terminal 2 Bandara Juanda pada Jumat (23/9) pukul 07.50 WIB dan tiba pada pukul 11.10 waktu Singapura. Sementara itu, untuk penerbangan dari Singapura terjadwal jam 12.00 waktu setempat dan mendarat di Bandara Juanda pada pukul 13.20 WIB. Kehadiran Batik Air sekaligus menambah deretan maskapai yang telah melayani rute itu sebelumnya yaitu Singapore Airlines, Scoot Tiger, dan Jetstar.

“Penerbangan ini adalah awal dari rute-rute internasional lainnya yang akan dibuka oleh Batik Air,” papar Direktur Safety, Security, and Quality Batik Air, Norman Abdul Haris. “Ke depannya, kami juga akan membuka rute Surabaya-Perth. Meskipun industri penerbangan belum pulih pasca-pandemi Covid-19, tetapi kita optimistis bersama-sama dapat kembali membangkitkan industri penerbangan nasional.”

Di hari yang sama salah satu maskapai Low Cost Carrier (LCC), Super Air Jet, juga menyelenggarakan inagurasi atas penambahan tiga rute baru dari Surabaya menuju Makassar, Lombok, dan Denpasar. Ketiga rute tersebut rencananya akan beroperasi harian dengan jadwal keberangkatan Surabaya-Makassar pukul 08.00 WIB, Surabaya-Lombok pukul 15.45 WIB, dan Surabaya-Denpasar pukul 07.00 WIB.

Kemudian, pada tanggal 28 September 2022, jika tidak ada aral melintang, Super Air Jet akan mengoperasikan penerbangan dari Surabaya menuju Balikpapan dan Banjarmasin. Dengan penambahan rute baru tersebut, Super Air Jet setidaknya telah mengoperasikan sembilan penerbangan domestik terjadwal di Bandara Juanda sejak pertama kali terbang pada November 2021 kemarin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*