Segera Rampung, Terminal 1 Juanda Siap Beroperasi Awal Tahun 2021

Bandara Juanda - www.merdeka.com

Surabaya – Proyek perluasan pembangunan Terminal I Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur akan segera selesai. Apabila tak ada kendala, gedung T1 (Terminal 1) rencananya bakal dioperasikan awal tahun 2021 depan.

Adapun pengerjaan T1 Bandara Juanda meliputi perluasan dan renovasi bangunan T1 yang lama yang telah dimulai sejak tahun lalu. Saat ini sejumlah sarana dan fasilitas di Terminal 1 sudah terpasang, termasuk eskalator dan sejumlah ornamen yang tertempel dengan cantik. Menurut General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya, Indah Preastuty, progres pengerjaan Terminal 1 Juanda kini sudah mencapai 93,51%. Pihaknya kini sedang fokus menyelesaikan pekerjaan perluasan dan pembenahan interior.

Lebih lanjut Indah menambahkan, dengan adanya penambahan kapasitas T1 nantinya Bandara Juanda akan semakin optimal dalam melayani para pengguna jasa. “Nanti Bandara Juanda semakin optimal dalam pelayanannya. Terutama untuk mendukung geliat perekonomian dan pariwisata Jawa Timur,” terang Indah.

Perluasan Terminal 1 Bandara Juanda sendiri telah dilakukan dari Agustus 2019. Luasan terminal yang sebelumnya hanya 62.700 meter persegi diperluas jadi 91.700 meter persegi. “Yang awalnya memiliki kapasitas 6 juta penumpang per tahun, dengan perluasan ini diperkirakan mencapai 13,6 juta penumpang per tahun,” ungkap Indah.

Pihak Angkasa Pura I Cabang Juanda juga merenovasi tampilan yang ada. Tak hanya membuat tampilan lebih cantik, nantinya tak ada lagi Terminal 1A atau 1B, yang ada hanya terminal kedatangan dan keberangkatan. Selain untuk keberangkatan dan kedatangan jemaah umrah dan haji, gedung T1 yang baru juga bakal difungsikan untuk aktivitas penerbangan domestik.

Di terminal yang baru tersebut Bandara Juanda bukan hanya membenahi interior, tetapi juga menambah fasilitas. “Seperti jumlah pax/hour, area komersial, check in counter, ruang tunggu, jumlah seat (tempat duduk), kids area (playground), eskalator, elevator lift, travelator, gate, toilet, musala dan area parkir,” tandasnya.

Selama ini Bandara Juanda telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di masa pandemi virus corona (Covid-19). Akhirnya, pada triwulan ketiga 2020 penumpang Bandara Juanda mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Peningkatan jumlah penumpang diperkirakan akan terjadi lagi di akhir tahun mendatang. Karena ada dua moment besar yaitu hari natal dan tahun baru,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*