Ingat, Mulai Besok Tarif Tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda Naik

Tol Simpang Susun Waru - properti.kompas.com
Tol Simpang Susun Waru - properti.kompas.com

Jakarta – PT Citra Marga Nusaphala Persada, Tbk (CMNP) akan melakukan penyesuaian tarif tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda mulai hari Minggu (6/12) besok. Penyesuaian tarif ruas jalan tol tersebut kabarnya masih dalam tahap sosialisasi terhadap masyarakat.

“Saat ini untuk tol Waru-Juanda [Surabaya] penyesuaian tarifnya masih dalam tahap sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat terkait rencana tersebut,” kata Corporate Secretary CMNP Indah Dahlia Lavie, Rabu (2/12), seperti dilansir Bisnis.

Lebih lanjut Indah merinci bahwa kendaraan golongan I, II, dan III akan mengalami kenaikan sebesar Rp500. Sedangkan kendaraan golongan IV dan V naik hingga Rp1.000. Dengan demikian, kendaraan golongan I yang tadinya Rp8.000 jadi Rp8.500 sekali masuk. Sedangkan untuk kendaraan golongan II dan II yang tadinya Rp12.000 dinaikkan jadi Rp12.500. Sementara itu, kendaraan golongan IV dan IV yang sebelumnya Rp16.000 tarifnya naik menjadi Rp17.000.

“Kami terus melakukan sosialisasi penyesuaian tarif ini kepada pengguna tol agar masyarakat dapat menerima informasi yang akurat,” imbuhnya.

Kepala Departemen SDM dan Humas PT Citra Margatama Surabaya Zulkhair mengungkapkan bahwa penyesuaian tarif akan dimulai pada tanggal 6 Desember 2020 pukul 00.00 WIB. “Demi lancarnya perjalanan, pengguna jalan diimbau untuk selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan,” jelas Zulkhair, Jumat (4/12).

Penyesuaian tarif tol Simpang Susun Waru-Juanda ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 1492/KPTS/M/2020 pada 14 Oktober 2020. Sesuai dengan peraturan, penyesuaian tarif jalan tol dilakukan tiap 2 tahun sekali. Di samping itu, penyesuaian tarif juga dilakukan dalam rangka merespons inflasi di Kota Surabaya.

“Dalam memenuhi standar kelayakan jalan, Tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda sebelum penyesuaian tarif tol telah memenuhi syarat standar pelayanan minimum (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” terang Zulkhair.

 Sebagai informasi, tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda membentang sepanjang 12 kilometer di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo, tepatnya dari wilayah Kecamatan Waru Sidoarjo sampai akses terminal Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*