Latih Kesigapan Petugas, Bandara Juanda Gelar ARFF Challenge

Petugas mengikuti kegiatan ARFF Challenge - www.jawapos.com

Jakarta – Petugas Airport Rescue And Fire Fighting (ARFF) bukan hanya harus memiliki kekuatan fisik, tetapi juga dituntut untuk kompak, apalagi saat mengatasi insiden di bandara. Guna menguji kemampuan tersebut, Bandara Internasional Juanda menyelenggarakan kegiatan ARFF Challenge.

ARFF Challenge sendiri merupakan kegiatan tahunan. Namun sayang, sejak 2 tahun lalu kegiatan tersebut terpaksa ditiadakan karena pandemi. ARFF Challenge bukan hanya ajang untuk mencari juara, namun juga berguna untuk mengevaluasi kesigapan petugas di lapangan.

Setidaknya terdapat 4 tantangan yang diberikan pada setiap regu. Mulai dari menggelar selang seberat 15 kg hingga melakukan evakuasi korban. Tahun ini tema simulasinya adalah mengevakuasi korban dari gedung. “Ini melatih disiplin dan kekompakan personel,” kata General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar pada Kamis (1/9), seperti dilansir dari Jawapos.

Tantangan yang diberikan memang berat. Personel ARFF tak hanya dituntut untuk paham risiko ketika melakukan tindakan penyelamatan. Mereka pun wajib memiliki kekuatan fisik. Saat itu, ban besar harus digeser oleh petugas hingga finish. Bukan dengan tangan, melainkan dipukul dengan palu.

“Ketika terjadi accident pesawat, tim ini yang kali pertama turun. Terutama untuk evakuasi jika terjadi kebakaran pesawat. Karena itu, tim ini harus kuat dan solid,” beber Sisyani. Event tahunan ini juga sengaja diadakan untuk mencari tim terbaik. Nantinya, tim terbaik dari Bandara Juanda akan diikutkan lomba ARFF Challenge antar-bandara cabang PT Angkasa Pura (AP) I.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Manajer ARFF Gusti Eka Budi menyampaikan, rintangan yang diberikan dalam kegiatan ARFF Challenge mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Terdapat 4 regu yang bertanding dalam event tersebut. Regu terbaik berhasil menyelesaikan tantangan yang diberikan dalam waktu 20 menit. “Kami memiliki 78 personel dan harus siap 24 jam,” tandas Gusti.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*