Alami Penyesuaian, Penerbangan ke Ngloram Bakal Transit Dulu di Bandara Juanda

Maskapai Citilink mendarat di Bandara Ngloram, Cepu, Blora - jawapos.com

Blora – Bergulirnya proyek revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sejak tanggal 26 Januari 2022 lalu rupanya mempengaruhi sejumlah rute penerbangan di Bandara Ngloram, Cepu, Blora. Dalam sepekan ini belum ada penerbangan rute Blora-Jakarta. Oleh sebab itu, pihak manajemen bandara mengajukan izin rute baru.

Aktivitas penerbangan di Bandara Ngloram diperkirakan kembali normal dalam waktu satu minggu. Nantinya, penerbangan akan berlaku transit terlebih dahulu di Bandara Juanda Surabaya sebelum menuju Blora. Demikian pula untuk rute sebaliknya. Izin baru tersebut dibutuhkan karena proses perbaikan Bandara Halim Perdanakusuma yang diprediksi memerlukan waktu sekitar 3,5 bulan.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru Bandara Ngloram Ariadi Widiawan memaparkan bahwa saat ini rute penerbangan pergi pulang (PP) Bandara Ngloram-Bandara Halim Perdanakusuma mengalami perubahan seiring dengan adanya proyek revitalisasi. “Revitalisasi Bandara Halim selesai sekitar 3,5 bulan,” ujar Ariadi, Kamis (27/1), seperti dilansir Jawapos.

Lebih lanjut Ariadi mengungkapkan, penerbangan dengan penumpang yang datang dari Jakarta akan dialihkan lewat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dengan mekanisme transit terlebih dahulu di Bandara Juanda Surabaya, kemudian menuju Bandara Ngloram. “Pesawat Citilink dari Bandara Soekarno Hatta, transit di Surabaya baru bisa ke Cepu,” paparnya.

Pihak Citilink sendiri sedang mempersiapkan izin rute, armada, maupun slot time. Proses tersebut kabarnya membutuhkan waktu seminggu. Oleh sebab itu, pada Kamis (27/1) lalu belum ada penerbangan. “Penerbangan di-close dulu sampai persiapan selesai,” jelasnya. Pengalihan rute tersebut menjadi momen untuk memberi akses untuk masyarakat atau perantau yang ada di Kalimantan, Banjarmasin, untuk dapat menikmati Bandara Ngloram melalui Bandara Juanda Surabaya.

Sebagai informasi, rute penerbangan dari Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandara Ngloram Cepu sebelumnya dilayani oleh Citilink pada hari Jumat dan Senin. Rute penerbangan itu telah dilayani sejak 26 November 2021 atau beberapa minggu sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Ngloram pada 17 Desember 2021. Di awal penerbangan ke Cepu, pesawat Citilink berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 09.50 WIB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*