Lion Air Sesuaikan Tarif Kelebihan Bagasi, Ini Harga Rute Surabaya

Maskapai Lion Air - m.bizlaw.id

JAKARTA – Mulai tanggal 1 September 2019, Lion Air Group (Lion Air, Batik Air, dan Wings Air) melakukan penyesuaian tarif kelebihan bagasi pesawat. Tarif ini berlaku untuk kelebihan berat saat berada di bandara. Jadi, ketika penumpang membeli bagasi namun totalnya melebihi pesanan, maka akan dikenakan tarif ini.

Berdasarkan rilis resmi Lion Air Group, untuk maskapai Batik Air, terdapat free baggage atau bagasi cuma-cuma sebesar 20 kg. Sementara, untuk maskapai Lion Air dan Wings Air sebagai kategori layanan minimum, menerapkan bagasi tercatat nol kilogram alias bila membawa bagasi, maka penumpang pesawat harus membayar.

Untuk biaya kelebihan bagasi (excess baggage), mengikuti berat aktual sesuai dengan penghitungan timbangan di bandar udara dan tetap dikenakan apabila tamu atau penumpang membawa bagasi melebih berat, setelah dibandingkan dengan baggage allowance dan pre-paid baggage. Tarif kelebihan berat atau dimensi dihitung per kilogram dan bisa berbeda-beda, disesuaikan rute yang dilayani. Ini harga bagasi untuk sejumlah rute Lion Air Group.

  • Lion Air rute Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta)-Yogyakarta, Rp24.000 per kg.
  • Lion Air rute Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta)-Kualanamu Medan, Rp49.000 per kg.
  • Batik Air rute Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta)-Yogyakarta, Rp33.000 per kg.
  • Batik Air rute Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta)-Kualanamu Medan, Rp70.000 per kg.
  • Wings Air rute Surabaya (Bandara Juanda)-Banyuwangi, Rp28.000 per kg.
  • Wings Air rute Denpasar-Bima, Rp28.000 per kg.
  • Wings Air rute Bandung-Bengkulu, Rp44.000 per kg.

Terkait kebijakan tersebut, pihak Lion Air Group pun mengimbau kepada calon penumpang untuk mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal dengan ‘tren perjalanan udara simpel’. Jika akan membawa bagasi saat bepergian, maka dapat membeli bagasi menggunakan voucher bagasi melalui agen perjalanan, situs resmi Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

“Pembelian bagasi dengan harga lebih hemat bisa dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket, ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan,” papar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro. “Traveler akan mendapatkan nilai lebih ekonomi serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi yang disesuaikan tingkat keperluan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*