Bandara Juanda Buka Program Kemitraan Usaha Mikro Kecil, Ini Syaratnya

Bandara Juanda Surabaya - mediaindonesia.com
Bandara Juanda Surabaya - mediaindonesia.com

SURABAYA – Saat ini, semakin banyak perusahaan besar dan institusi yang mendukung kegiatan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), salah satunya Bandara Internasional Juanda. Tidak banyak yang tahu bahwa pelabuhan udara yang berlokasi di Sidoarjo tersebut membuka kesempatan bagi para pemilik usaha lokal untuk bergabung dengan program kemitraan mereka.

“Nah, mari kita dukung UMK tumbuh dan berkembang dengan membeli produk kreatif lokal,” tulis PT Angkasa Pura I cabang Bandara Juanda dalam akun Twitter resmi mereka. “Bagi #SahabatJuanda yang sedang memulai usaha lokal, mari bergabung dengan program kemitraan kami dengan melihat persyaratan yang tertera pada link berikut ini bit.ly/CSRJUANDA.”

Dirangkum dari situs resmi Bandara Juanda, syarat-syarat yang wajib dipenuhi calon mitra antara lain memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp500 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp2,5 miliar. Usaha tersebut juga harus milik Warga Negara Indonesia, berdiri sendiri atau bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi, baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha menengah atau usaha besar.

Usaha tersebut juga harus berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi, mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan, dan telah melakukan kegiatan usaha minimal satu tahun (kecuali bagi Usaha Kecil yang dibentuk atau berdiri sebagai pelaksanaan program BUMN Pembina). Usaha calon mitra juga harus belum memenuhi persyaratan perbankan dan tidak dalam pembinaan BUMN lain.

Sudah banyak Usaha Mikro Kecil yang menjadi bagian dari mitra Bandara Juanda, salah satunya Citra Mandiri. Ini adalah UMK di bidang agroindustri yang menyediakan beragam produk makanan ringan berbahan baku sayur dan buah. Mengandalkan bahan baku dari hasil pertanian di Batu dan Malang, produk unggulan Citra Mandiri adalah opak, stik ubi jalar, stik seledri, keripik apel, dan kerupuk buah naga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*