Transit di Balikpapan, Citilink Terbang dari Mamuju ke Jakarta dan Surabaya

Maskapai Citilink - tirto.id
Maskapai Citilink - tirto.id

MAMUJU – Maskapai Citilink dikabarkan akan segera mengudara di langit Mamuju pada tanggal 5 Desember 2022 mendatang. Anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut mencapai kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat untuk membuka rute penerbangan dari Mamuju menuju Jakarta dan Surabaya, dengan terlebih dahulu transit di Balikpapan.

“Kami sudah upayakan jalur penerbangan ini sejak lama. Alhamdulillah, kami bersama Citilink sudah menyepakatinya,” ujar Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik, dilansir dari CNN Indonesia. “Kami memilih rute penerbangan dengan transit terlebih dahulu di Balikpapan karena daerah yang kota itu merupakan pintu utama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ke depannya, IKN akan sangat memengaruhi perekonomian Sulawesi Barat sebagai daerah penyangga.”

Sebelumnya, Akmal memang menilai bahwa transportasi udara menjadi hal yang sangat penting dalam kemajuan suatu daerah. Karena itu, sejak menjabat sebagai penjabat gubernur di provinsi ke-33 tersebut, ia terus berusaha membuka akses transportasi udara di Sulawesi Barat. Upaya Akmal akhirnya membuahkan hasil dengan mencapai kata kesepakatan dengan maskapai Citilink.

Citilink sendiri saat ini memang tengah getol memperluas ekspansi penerbangan mereka ketika permintaan layanan transportasi udara terus menggeliat setelah terpuruk imbas pandemi Covid-19. Pada tanggal 10 November 2022 kemarin, mereka kembali mengoperasikan rute penerbangan Jakarta-Purbalingga yang menghubungkan Bandara Halim Perdanakusuma dengan Bandara Jenderal Besar Soedirman.

“Kami berharap dengan beroperasinya lagi penerbangan menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman ini, dapat mendukung terjadinya konektivitas antar-daerah dan meningkatkan mobilitas masyarakat, khususnya di wilayah Banyumas Raya seperti Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, Wonosobo, dan kota lainnya,” papar Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai. “Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh pihak yang terlibat.”

Penerbangan Jakarta-Purbalingga tersebut dilayani dua kali seminggu pada hari Selasa dan Kamis memakai pesawat ATR 72-600. Rute Jakarta-Purbalingga terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma pukul 10.00 WIB dan mendarat di Bandara Bandara Jenderal Besar Soedirman pukul 11.20 WIB. Sementara itu, rute sebaliknya berangkat dari Purbalingga pada pukul 12.00 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 13.20 WIB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*