Mudik Dilarang, Citilink Genjot Penerbangan Kargo ke Surabaya dan Kota Lainnya

Pesawat kargo Citilink
Pesawat kargo Citilink - www.tribunnews.com

JAKARTA – Dengan adanya larangan mudik pada musim Lebaran tahun 2021 ini, Citilink Indonesia memaksimalkan layanan kargo ketika penerbangan komersial dilarang beroperasi untuk sementara waktu. Maskapai berbiaya murah tersebut memperkuat layanan penerbangan kargo domestik Indonesia mereka menuju setidaknya 20 rute, termasuk Surabaya.

“Sejak mulai diberlakukannya hari pertama peniadaan mudik Lebaran, penerbangan kargo Citilink mengalami peningkatan dan ini merupakan sebuah berkah untuk Citilink,” ujar Direktur Utama Citilink, Juliandra, dilansir dari Republika. “Pada periode peniadaan mudik ini, banyak masyarakat yang memilih untuk mengirimkan barang hantaran sebagai sarana silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.”

Ia melanjutkan, pada tanggal 6 Mei 2021 kemarin misalnya, Citilink mengangkut total kargo sekitar 250 ton dengan rata-rata kargo yang diangkut di setiap penerbangan adalah 70 persen. Produk kargo yang diangkut sebanyak 95 persen merupakan produk general cargo seperti barang hantaran dan dokumen. “Penerbangan kargo dilakukan dengan menggunakan armada jenis Airbus A320, ATR 72-600, dan Boeing B735 (freighter),” sambung Juliandra.

“Saat ini, Citilink telah mengangkut kargo ke berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Pekanbaru, Pontianak, Batam, dan berbagai kota lainnya,” tambah Juliandra. “Ke depannya, Citilink berkomitmen untuk dapat semakin memperluas jaringan penerbangan kargo di kota-kota Indonesia lainnya dengan tujuan untuk dapat mempermudah kebutuhan distribusi logistik Indonesia.”

Tidak hanya Citilink Indonesia, Lion Air juga membuka layanan penerbangan kargo selama masa larangan mudik Lebaran terhitung 7 Mei hingga 15 Mei 2021. Selain itu, maskapai tersebut melayani penerbangan sewa atau charter untuk perjalanan dinas pemerintah, swasta, dan organisasi, yang dijalankan setelah mendapatkan izin dari regulator dan otoritas setempat.

“Selama 7 Mei sampai 15 Mei 2021, kami menawarkan layanan yang dijalankan setelah mendapatkan izin dari regulator dan otoritas setempat,” papar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro. “Penerbangan sewa ini meliputi penerbangan sewa penumpang tidak berjadwal (passenger charter) dan penerbangan sewa angkut kargo (cargo charter).”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*