1 Januari 2023, Penerbangan Rute Surabaya-Jember Siap Mengudara

Hendy Siswanto, Bupati Jember - rm.id
Hendy Siswanto, Bupati Jember - rm.id

Jember – Penerbangan perintis rute Surabaya-Jember PP (pergi pulang) akan segera dibuka tanggal 1 Januari 2023 mendatang via Bandara Juanda. Pada tahap awal, penerbangan yang tersedia masih berjenis perintis, menyesuaikan dengan kapasitas Bandara Notohadinegoro di Jember.

“Insya Allah pada 1 Januari 2023, ada penerbangan komersial dengan menggunakan pesawat carter Grand Caravan 208 B dengan jumlah penumpang sembilan orang,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto, Selasa (22/11) malam, seperti dilansir dari Antara.

Hendy menjelaskan, pesawat itu disewa oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember selama 1 tahun untuk uji coba. Selama kurun waktu tersebut, para penumpang akan diberi subsidi tiket pesawat sebesar 50 persen. “Kami berikan subsidi hingga 50 persen sehingga tiket penerbangan Jember-Surabaya atau sebaliknya dipatok dengan harga Rp650 ribu dengan empat kali perjalanan,” beber Hendy.

Rencananya, rute penerbangan Jember-Surabaya akan dilayani pada jadwal pukul 06.00 WIB dan 16.00 WIB. Sedangkan rute penerbangan Surabaya-Jember dilayani jam 07.00 WIB dan 17.00 WIB. “Tujuan kami menyewa pesawat untuk menunjukkan kepada maskapai penerbangan bahwa ada penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara dari Jember yang merupakan kerja konkret kami,” kata Hendy.

Lebih lanjut Hendy menerangkan, akses darat dari Surabaya ke Jember atau sebaliknya sering mengalami macet di sekitar Klakah, Lumajang lantaran adanya ruas jalan yang menyempit (bottleneck). Oleh sebab itu, menurutnya perlu solusi untuk mengatasi hal itu supaya kunjungan wisata ke Jember pun meningkat. “Saya harus cepat mengambil langkah untuk menyewa pesawat agar akses menuju ke Jember bisa lebih mudah dan menghidupkan kembali Bandara Notohadinegoro,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak berpendapat, penerbangan rute Surabaya-Jember akan berdampak pada geliat wisata di sana, termasuk Banyuwangi. “Penerbangan ini memungkinkan konektivitas Surabaya-Jember-Banyuwangi, dan menambah akses penerbangan ke Banyuwangi,” kata Emil.

Rute baru tersebut adalah upaya untuk menghidupkan akses Surabaya-Banyuwangi melalui jalur Jember. Jika penerbangan ini optimal untuk penumpang domestik, maka peningkatan akses tersebut akan berimbas pada minat wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Jember dan Banyuwangi. “Ini akan sangat membangkitkan potensi pariwisata, difokuskan untuk domestic passenger dahulu, dan step by step digencarkan untuk wisatawan asing,” tegas Emil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*