Jelang KTT G20, Pengamanan Bandara Juanda Diperketat

Keamanan Bandara Juanda - jatim.sindonews.com
Keamanan Bandara Juanda - jatim.sindonews.com

Sidoarjo – Menjelang acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 15-16 November 2022, manajemen berupaya untuk meningkatkan pengamanan di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Pasalnya, Bandara Juanda akan dijadikan bandar udara pendukung pelaksanaan G20.

Pada Rabu (9/11), para personel dari Polresta Sidoarjo tampak melakukan patroli pengamanan di sekitar area Bandara Juanda. Selain itu, disediakan pula pos pengamanan untuk membantu pengamanan Bandara Juanda. Beberapa personel Polresta Sidoarjo juga ditempatkan di Pos Polisi Pondok Tjandra, Kecamatan Waru serta Polsek Sedati.

Menurut Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, pihak Polresta Sidoarjo mempunyai tugas untuk menjaga beberapa objek vital. Objek vital itu adalah fasilitas nasional yang digunakan untuk mendukung berlangsungnya kegiatan KTT G20. “Objek vital seperti Bandara Juanda, PLN UIT Taman dan Terminal Purabaya menjadi fasilitas yang mendukung berlangsungnya KTT G20,” jelas Kusumo, seperti dilansir dari Memorandum.

Selama bulan November 2022 ini, pengamanan Bandara Juanda akan ditingkatkan. Peningkatan pengamanan tersebut juga dibantu oleh para personel TNI. Bandara Internasional Juanda yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I ini dialokasikan sebagai tempat parkir pesawat bagi para delegasi yang menjadi peserta KTT G20 di Bali.

Dipilihnya Bandara Juanda sebagai bandara pendukung ini tak terlepas dari lokasinya yang strategis karena berdekatan dengan Lanudal Juanda dan beberapa markas militer TNI serta mempunyai fasilitas yang memadai.

Bandara Internasional Juanda Surabaya pun mempersiapkan sebanyak 17 parking stand untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan dalam rangka menyambut pelaksanaan KTT G20 di Bali tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

Menurut General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jafar, pihaknya juga melakukan penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam, serta menyiapkan dukungan teknis lainnya. “Kami memberikan dukungan penuh demi kelancaran KTT G20 dengan memaksimalkan fasilitas dan sumber daya manusia yang ada,” terang Sisyani.

Adapun alokasi 9 parking stand dipersiapkan untuk 3 pesawat berbadan lebar atau wide body dan 6 pesawat berbadan sedang atau narrow body, ditambah dukung dari Lanudal Juanda sebanyak 8 parking stand di apron militer.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*