Angkasa Pura I Telah Buka 28 Rute Penerbangan Internasional Hingga Mei 2022

Angkasa Pura I Telah Buka 28 Rute Penerbangan Internasional Hingga Mei 2022 - www.balipost.com

Jakarta – PT Angkasa Pura I (persero) telah membuka 28 rute internasional sejak sejumlah bandara kembali beroperasi melayani rute penerbangan internasional pada Februari lalu, sampai dengan bulan Mei 2022.

“jumlah pergerakan pesawat rute internasional di 6 bandara yang kami kelola mencapai 2.666 dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 473.00 atau rata-rata mencapai 9.400 penumpang per hari. Jumlah rute penerbangan internasional yang dilayani di 6 bandara telah mencapai 28 rute,” kata VP Corporate Secretary AP I Rahadian D. Yogisworo, Sabtu (11/6), seperti dilansir dari Bisnis.

Yogi menambahkan, saat ini Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 18 rute penerbangan internasional dengan 17 maskapai, Bandara Juanda di Surabaya melayani sebanyak 6 rute dengan 7 maskapai, kemudian Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Sam Ratulangi Manado masing-masing melayani sebanyak 1 rute dengan 1 maskapai.

Sampai Mei 2022, AP I telah melayani rute penerbangan internasional dari berbagai negara di 6 bandara. Saat ini, mayoritas penerbangan internasional bertumpu di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang melayani penerbangan rute internasional dari dan menuju Kuala Lumpur, Singapura, Manila, Perth, Adelaide, Brisbane, Cairns, Darwin, Melbourne, Sydney, Bangkok, Istanbul, Ho Chi Minh, Dubai, dan Narita.

Sementara itu, untuk Bandara Juanda Surabaya sekarang ini melayani rute penerbangan internasional dari dan menuju Hongkong, Johor, Kuala Lumpur, Pulau Pinang, Singapura, Kuala Lumpur, Brunei Darussalam, dan Darwin.

Sedangkan pada bulan Juni 2022, setidaknya Angkasa Pura I telah menerima pengajuan sebanyak 14 rute penerbangan internasional dari 6 maskapai. Keenam maskapai itu antara lain, Malindo Air, Philippines AirAsia, Vietjet Air, Indonesia AirAsia, Virgin Australia, dan Citilink di Bandara I gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali.

Dalam RKAP 2022, Angkasa Pura I menargetkan dapat melayani sebanyak 38,8 juta pergerakan penumpang dengan proporsi 35,6 juta penumpang domestik, kemudian 2,9 juta penumpang transit, dan 305 ribu penumpang internasional.

“Kami bersyukur dengan kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang semakin baik dan didukung dengan regulasi bagi PPLN yang semakin mudah, akan mampu mengangkat kinerja menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya hingga mencapai target-target yang telah ditetapkan,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*