Incar Laba, Sriwijaya Buka Rute Surabaya-Medan & Surabaya-Samarinda

JAKARTA – Dalam rangkai efisiensi perusahaan, maskapai Sriwijaya Air telah menutup enam rute penerbangan mereka yang dianggap tidak menguntungkan. Sebagai gantinya, maskapai ini akan membuka rute-rute baru untuk memperbaiki kinerja keuangan, seperti Medan-Surabaya, Manado-Sorong, dan Surabaya-Samarinda.

“Ada beberapa mungkin sekitar lima sampai enam rute yang kami pangkas,” papar Direktur Komersial Sriwijaya Air, Joseph Dajoe K. Tendean. “Beberapa rute yang sudah ditutup di antaranya Jakarta-Banyuwangi dan Merauke-Nabire. Kami ganti dengan rute seperti Medan-Surabaya, Jakarta-Manado-Sorong, dan Surabaya-Samarinda.”

Pada tahun 2019 ini, dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP), Sriwijaya Air menargetkan dapat mencetak laba sebesar Rp300 miliar setelah pada tahun sebelumnya merugi Rp1,2 triliun. Beberapa upaya yang dilakukan perseroan dalam membalikkan kinerja keuangan supaya sehat kembali dengan efisiensi penutupan rute-rute sepi serta membuka rute baru yang ramai serta meminimalkan perjanjian kerja sama yang tidak menguntungkan.

“Perbaikan produksi, rute-rute yang rugi kami tutup, rute yang untung kami buka, kami tambah,” sambung Joseph. “Kami akan melakukan efisiensi, kami tutup kebocoran-kebocoran, deal-deal yang tidak benar, kami bereskan. Karena, itu kan bikin rugi perusahaan. Kalau itu dihilangkan, akan meningkatkan revenue.”

Meski demikian, Joseph mengaku pihaknya saat ini belum memikirkan tentang penurunan harga tiket pesawat terbang demi bersaing dengan maskapai penerbangan berbiaya murah atau LCC (low cost carrier). Kebijakan tersebut diambil lantaran saat ini masih dalam masa peak season karena masa libur anak sekolah baru saja berakhir.

Jika sudah memasuki masa low season, Sriwijaya Air membuka peluang untuk menurunkan harga tiket pesawat mereka. Mengacu pada Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah, penurunan harga tiket pesawat bisa berkisar antara 15 persen hingga 20 persen. “Kalau season sedikit turun, kami cari cara supaya pesawat diisi. Tetap ada strategi untuk menurunkan sedikit harga agar bisa mencapai target,” tutup Joseph.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*