Setelah Soetta, Aviation Safety Campaign 4.0 Diadakan di Bandara Juanda

Aviation Safety Campaign - wartakota.tribunnews.com

JAKARTA – Mulai Senin (20/1) kemarin hingga Kamis (23/1) mendatang, Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) menyelenggarakan Aviation Safety Campaign 4.0 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Nantinya, kampanye keselamatan penerbangan ini juga akan diselenggarakan di bandara-bandara lain seperti Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Hasanuddin, dan Bandara Internasional Kualanamu. 

Dilansir JPNN, PPPI sebagai wadah organisasi profesi pilot Indonesia dari berbagai macam maskapai penerbangan tak abai dalam mewujudkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan serta meningkatkan kualitas para pilot Indonesia. Wujud nyata dari upaya tersebut lantas dituangkan dalam bentuk aplikasi keselamatan penerbangan bernama Aviation Safety 4 Reality (AVS4R).

“Kenapa bentuknya aplikasi, karena nyaris semua orang kini pegang gadget. Dengan aplikasi, maka tujuan kami mengedukasi masyarakat mengena,” ujar Ketua PPPI, Capt. Rizky Budimansyah. “Banyak masyarakat yang masih belum paham akan penyebab pesawat delay. Aplikasi ini nantinya akan membantu masyarakat dan pengguna jasa penerbangan memahami hal-hal seperti itu.”

Rizki menekankan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan penerbangan yang ternyata harus dimulai dari diri sendiri agar makin berkembangnya dunia aviasi di Indonesia yang selamat, edukatif, dan kondusif. Hal ini penting agar masyarakat Indonesia tidak lagi menganggap bahwa bandara sebagai satu-satunya tempat paling mewah.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh PPPI bersama Indonesia Air Traffic Controller Association (IATCA) dengan menggandeng PT Tiga Ruang Imajinasi (Triguw) selaku EO dan digital partner,” sambung Rizki. “Tidak hanya perusahaan penerbangan, PT Pertamina pun berpartisipasi sebagai sponsor utama untuk mendukung Aviation Safety Campaign. PT Citilink Indonesia dan NAM Air juga ikut berkontribusi untuk mendukung acara ini agar dikemas dengan edukasi melalui simulasi keselamatan secara langsung dan kegiatan kampanye.”

Kampanye keselamatan penerbangan ini akan selalu bersamaan dengan acara Digital Reality Festival yang akan diikuti para pelaku industri kreatif digital, AR (Augmented Reality), dan VR (Virtual Reality) demi mewujudkan program digitalisasi bandara Indonesia. Melalui acara ini, PPP dan IATCA berharap keselamatan penerbangan bukan dimulai pada saat kedatangan di bandara saja, tetapi juga sudah dilakukan sebelum menentukan dan memutuskan bepergian melalui moda transportasi udara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*