Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I menyalurkan bantuan beasiswa Diploma 3 (D3) Program Studi Pariwisata konsentrasi Kebandarudaraan untuk 30 lulusan terbaik dari SMA/SMK/sederajat di sekitar wilayah operasional bandara yang berada di bawah pengelolaannya.

Program beasiswa yang merupakan hasil kerja sama dengan Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat (NTB) ini adalah wujud kontribusi perusahaan pada masyarakat, terutama di bidang pendidikan, selain sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan sumber daya manusia di bidang kebandarudaraan yang andal.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Rektor (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni SH., M.Hum dan Direktur PT. Angkasa Pura I (Persero) yang diwakili oleh General Manager Bandara Internasional Lombok, Nugroho Jati, di Ruang Sidang Rektor sejak Juni 2019 lalu. “Saya berharap kerja sama ini dapat terus berjalan secara berkesinambungan, karena tersedianya SDM yang mumpuni di bidang kebandarudaraan sangat diperlukan untuk menunjang operasional bandara, khususnya Indonesia Tengah dan Timur,” kata Prof Husni, seperti dilansir Kompas.

Terkait sumber daya dan kurikulumnya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unram dan PT Angkasa Pura I (Persero) akan menetapkannya bersama-sama. Lewat pendidikan tersebut, penerima beasiswa diharapkan dapat memiliki kompetensi yang memadai, baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam bidang pelayanan, komunikasi, Bahasa Inggris, dan dalam bidang kebandarudaraan, sehingga siap bekerja sebagai personel operasional bandara.

“Seluruh kompetensi tersebut akan dikemas dalam mata kuliah yang diberikan pada Program Diploma III Pariwisata dengan konsentrasi kebandarudaraan yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Unram,” jelas Nugroho Jati.

Adapun sebanyak 30 penerima beasiswa berasal dari Balikpapan sebanyak 7 orang, Manado sebanyak 5 orang, Surabaya sebanyak 4 orang, Makassar sebanyak 4 orang, Semarang sebanyak 2 orang, Lombok sebanyak 2 orang, Yogyakarta sebanyak 2 orang, Denpasar sebanyak 1 orang, Banjarmasin sebanyak 1 orang, Ambon sebanyak 1 orang, dan Biak sebanyak 1 orang.

Setelah lulus, para penerima beasiswa D3 tersebut berkesempatan diangkat menjadi karyawan PT AP I apabila dinyatakan lulus tes kesehatan yang menjadi standar perusahaan. Mereka akan diposisikan sebagai petugas aviation security (Avsec), Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), serta staf operasi bandar udara (airport operation officer) lainnya.

“Sebagai perusahaan pengelola bandar udara yang  mengutamakan aspek pelayanan dan memiliki peran sosial, Angkasa Pura I berupaya memberikan kontribusi kepada peningkatan kualitas dan potensi sumber daya manusia di daerah tempat Angkasa Pura I beroperasi. Kami menyadari sumber daya manusia merupakan aset utama bagi perusahaan yang mengutamakan pelayanan. Oleh karena itu Angkasa Pura I menyelenggarakan program beasiswa ini,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *