Antisipasi Lonjakan Penumpang, Citilink & AirAsia Ajukan Extra Flight di Bandara Juanda

Maskapai Citilink - tirto.id

Sidoarjo – Hingga kini sudah ada beberapa maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan atau extra flight untuk masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Pengajuan penerbangan ekstra itu datang dari maskapai Citilink dan AirAsia.

“Dua maskapai telah mengajukan ekstra flight untuk penerbangan domestik, yaitu Citilink dua flight tujuan Denpasar dan Yogyakarta serta Air Asia sebanyak empat flight tujuan Jakarta (Cengkareng),” ujar General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya Heru Prasetyo di Bandara Juanda, Kamis (19/12), seperti dilansir Antara.

Dalam rangka menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang sering menghambat penerbangan ketika Natal dan Tahun Baru, pihak manajemen Bandara Juanda pun menyiapkan berbagai langkah antisipasi. Misalnya saja memastikan pengawasan dan pemeliharaan pekerjaan saluran pembuangan air agar berjalan sesuai dengan prosedur keamanan dan keselamatan kerja. “Hal itu sejalan dengan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada bulan Desember akan terjadi hujan dengan intensitas yang cukup sering,” kata Heru.

Lebih lanjut Heru mengungkapkan, walau kini di Terminal 1 (T1) tengah berjalan proyek perluasan dan pembenahan interior tahap I beserta fasilitas penunjangnya, operasional Bandara Juanda dipastikan tetap berjalan normal seperti biasanya. Manajemen Bandara Juanda pun sudah membuat rencana alur penumpang yang disesuaikan dengan tahapan renovasi terminal supaya tak mengganggu operasional penerbangan, terutama menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Sampai tanggal 8 Desember 2019, progres keseluruhan pekerjaan perluasan dan pembenahan interior Terminal 1 tahap I dan fasilitas pendukungnya telah mencapai 23,052% dari target rencana yang ditetapkan, yakni 10,869%. Menurut Heru, terdapat deviasi penambahan 12,182%. “Ditargetkan pekerjaan ini akan selesai pada bulan Mei tahun 2020 dan dapat digunakan saat musim Lebaran tahun 2020 guna memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang,” ucap Heru.

Dalam pembukaan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Bandara Juanda juga menggandeng banyak pihak terkait, mulai dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Lanudal Juanda, Perum LPPNPI, TNI AU, TNI AD, Polsek Sedati, maskapai penerbangan, ground handling, Basarnas, BMKG, dan CIQ.

“Hal ini sebagai wujud sinergi antara pengelola bandar udara bersama stakeholders guna menjamin kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru serta meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan program 3S +1C (safety security, services, dan compliance),” tutup Heru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*