Sidoarjo – Pada masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), jumlah penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur justru diprediksi mengalami penurunan. Tren penurunan penumpang menjelang liburan Natal dan Tahun Baru ini bahkan diperkirakan bukan hanya berlangsung di Bandara Juanda saja, tetapi juga di mayoritas bandar udara yang terdapat di Indonesia.

“Penurunan pergerakan pesawat dan jumlah penumpang merupakan tren secara nasional, bukan hanya terjadi di Bandara Internasional Juanda,” kata General Manager Bandara Internasional Juanda Heru Prasetyo, Kamis (19/12), seperti dilansir Medcom. Heru menambahkan, jumlah penumpang di Bandara Juanda diprediksi turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 lalu.

“Maka Natal dan Tahun Baru 2020 diprediksi pergerakan penumpang sejumlah 873.178 atau turun sebesar 4,87 persen. Sementara jumlah pergerakan pesawat juga diperkirakan sejumlah 6.581 atau mengalami penurunan sebanyak 5,72 persen,” ungkap Heru.

“Tapi jika perbandingannya antar bulan berjalan, prediksi kami pada Desember (2019) tren pergerakan penumpang dan pesawat akan positif, yakni sebesar 3,03 persen untuk penumpang dan 2,8 persen untuk pergerakan pesawat,” ungkap Heru.

Sementara itu, Heru juga memprediksi puncak pergerakan pesawat dan kepadatan penumpang di Bandara Juanda terjadi pada H-4 libur Natal atau tanggal 21 Desember 2019. “Dan pada H + 2 libur Tahun Baru, yaitu tanggal 2 Januari 2020. Selanjutnya untuk prediksi puncak pergerakan kargo pesawat diperkirakan terjadi pada H – 2 libur Natal di tanggal 23 Desember 2019 dan pada H + 2 libur Tahun Baru yaitu tanggal 2 Januari 2020,” tutur Heru.

Menjelang libur Nataru, Bandara Juanda pun sudah menerima sejumlah pengajuan penerbangan tambahan (extra flight) dari beberapa maskapai. “Dua maskapai telah mengajukan ekstra flight untuk penerbangan domestik yaitu Citilink dan Air Asia. Untuk Citilink mengajukan 2 ekstra flight tujuan Denpasar dan Yogyakarta sedangkan AirAsia sebanyak 4 flight tujuan Jakarta (Cengkareng),” tutupnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *