Libur Nataru, Terminal 1A Bandara Juanda Dipadati Mahasiswa Kalteng yang Hendak Mudik

Bandara Juanda Dipadati Mahasiswa Kalteng - www.tabengan.com

Surabaya – Pada masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Terminal 1A Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur rupanya justru dipenuhi oleh ratusan mahasiswa asal Kalimantan Tengah yang hendak mudik ke kampung halamannya, Jumat (20/12).

Para mahasiswa asal Kalteng yang menimba ilmu hingga ke luar Pulau Kalimantan ini rupanya ingin menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga di daerah asalnya. Menurut salah seorang mahasiswa S2 jurusan akuntansi di Universitas Airlangga Surabaya bernama David, selama momen Natal dan Tahun Baru merupakan hal yang wajib dihabiskan untuk berkumpul dengan keluarga.

Tak jauh berbeda, mahasiswa Widya Mandala Surabaya semester IX bernama Eirene dan Angel juga mengakui jika suasana Natal merupakan momen yang sudah lama dinanti-nanti. Pada kesempatan yang sama, Fila Lamonge, mahasiswa semester V Universitas Brawijaya, Malang, jurusan Hubungan Internasional mengaku selalu menyempatkan diri untuk kembali ke kampung halaman saat libur Natal dan Tahun Baru.

Meski demikian, Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro mengungkapkan bahwa di Bandara Juanda justru terjadi penurunan jumlah penumpang. “Dari data pada H-1 Natal atau tanggal 24 Desember, jumlah total penumpang baik yang berangkat maupun datang dengan penerbangan domestik atau internasional mencapai 48.877 penumpang atau mengalami penurunan 4 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 51.059 penumpang. Hal yang sama juga terjadi pada jumlah pergerakan pesawat,” ujar Yuristo, seperti dilansir Tribunnews.

“Sehingga selama periode masa angkutan natal dari tanggal 19 Desember hingga 24 Desember, total jumlah pergerakan penumpang pada tahun ini 344.107 penumpang atau turun tujuh persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 370.985 penumpang. Untuk pergerakan kargo Bandara Juanda di periode yang sama juga mengalami penurunan mencapai 32 persen. Di mana pada tahun lalu 2.288.235 kilogram kargo namun saat ini hanya 1.561.375 kilogram,” tandas Yuristo.

Pihak manajemen Bandara Juanda sendiri memang telah memperkirakan adanya penurunan jumlah penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*