Transisi New Normal, Bus Damri Mojokerto-Bandara Juanda Kembali Beroperasi

Bus Damri Bandara Juanda - saphiretravel.blogspot.com
Bus Damri Bandara Juanda - saphiretravel.blogspot.com

MOJOKERTO – Setelah sempat diparkir imbas wabah virus corona, bus Damri yang melayani rute Mojokerto menuju Bandara Internasional Juanda akhirnya kembali beroperasi mulai Senin (29/6) kemarin. Namun, karena pandemi COVID-19 belum berakhir, pengoperasian bus tersebut tidak dapat sepenuhnya, hanya menerjunkan dua dari empat unit armada yang ada, dengan jumlah penumpang yang dibatasi.

“Sejak diresmikan 21 Maret lalu, bus medium yang dioperasikan Damri ini sempat menghentikan pelayanan. Itu menyusul dihentikannya layanan penerbangan penumpang di Bandara Juanda serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya sejak akhir April lalu,” papar Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo, dilansir Radar Mojokerto. “Namun, di masa adaptasi new normal alias tatanan normal baru ini, bus bandara kembali dioperasikan.”

Sebagai tahap awal, Damri hanya akan mengoperasikan dua armada dari empat unit kendaraan yang ada. Ini nantinya berimbas pada durasi pelayanan, yang tadinya mampu mengangkut penumpang setiap satu ja sekali, menjadi dua jam sekali. Selain itu, kapasitas penumpang pun harus dipangkas. Memiliki kapasitas total 26 penumpang, nantinya yang boleh naik cuma 13 orang atau 50 persen.

“Pembatasan penumpang harus dilakukan karena penerapan protokol kesehatan. Sehingga, kursi yang biasanya untuk dua penumpang, kini hanya boleh diisi seorang untuk penerapan physical distancing,” sambung Gaguk. “Para penumpang juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang lain, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, atau menggunakan disinfektan.”

Meski demikian, berbeda dengan transportasi lain seperti kereta api dan pesawat terbang, masyarakat yang hendak naik bus Damri ini, tidak diwajibkan membawa surat keterangan bebas COVID-19 dari rapid tes atau uji swab. Jadwal dan trayek sendiri tidak mengalami perubahan, bus tetap berangkat dari Terminal Kertajaya menuju Bandara Juanda pada pukul 04.00 WIB.

Seperti diketahui, bus Damri rute Mojoketo-Bandara Juanda pertama kali beroperasi pada tanggal 21 Maret 2020 lalu. Bus melayani penumpang dari Mojokerto mulai pukul 04.00 sampai 19.00 WIB, sedangkan rute dari Bandara Juanda mulai jam 06.00 WIB. Tarif angkutan transportasi ini sebesar Rp55 ribu dalam sekali jalan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*