Citilink Ternyata Hentikan Rute Jakarta-Surabaya-Blora PP, Ini Penyebabnya

Maskapai Citilink - pinterpoin.com

BLORA – Baru saja beroperasi, ternyata Citilink Indonesia memutuskan untuk menghentikan penerbangan menuju Bandara Ngloram, Cepu, Blora untuk sementara waktu, baik dari Jakarta maupun Surabaya. Okupansi penumpang yang menurun menjadi alasan kenapa maskapai menghentikan penerbangan tersebut. Kabarnya, Citilink akan kembali membuka rute ini jika Bandara Halim Perdanakusuma selesai direnovasi.

Seperti diketahui, sejak Bandara Halim Perdanakusuma direvitalisasi pada bulan Januari 2022 lalu, penerbangan Citilink dari Jakarta menuju Blora dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dengan transit di Bandara Internasional Juanda. Nah, pengambilan jalur tersebut ditengarai tidak begitu diminati masyarakat sehingga okupansi menurun.

“Untuk sementara ini, Citilink masih menunggu dibukanya kembali Bandara Halim Perdanakusuma untuk ke Bandara Ngloram, Cepu,” papar Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Dewandaru Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan, dikutip dari Radar Bojonegoro. “Kami tidak tahu secara pasti alasan pihak Citilink, tetapi ditengarai penumpang dari Bandara Halim Perdanakusuma lebih banyak dibandingkan rute penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta.”

Keterangan senada dikatakan Ketua Satuan Pelaksana Bandara Ngloram, Abdul Rozaq. Menurut penjelasan dia, sejak Maret 2022 kemarin, penerbangan Citilink di bandara tersebut memang berhenti, begitu juga dengan bulan April 2022 ini. “Harapannya sih, meski Bandara Halim dibangun, tetap ada rute baru, tetapi Citilink pasti punya hitung-hitungannya sendiri,” ujar dia.

Sebelumnya, penerbangan Bandara Ngloram-Halim Perdanakusuma PP resmi dialihkan sejak 26 Januari 2022. Penerbangan tersebut dialihkan menjadi rute Bandara Soekarno-Hatta-Surabaya-Blora PP. Dari Surabaya, pesawat berangkat pukul 08.30 WIB, sedangkan relasi sebaliknya bertolak pukul 10.30, setelah itu terbang ke Jakarta.

Meski tidak ada penerbangan, Bandara Ngloram hingga saat ini masih aktif memperbaiki dan menambah fasilitas serta sarana bandara. Hal itu menunjang bandara agar lebih mempunyai kelengkapan pelayanan. Selain itu, landasan penerbangan akan diperluas lagi, dengan luasan lahan mencapai 3,6 hektare. “Kami tetap beroperasi, kemarin juga melayani penerbangan dari kepolisian. Yang tidak ada hanya penerbangan komersial,” sambungnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*