Garuda Stop Sementara Rute Surabaya-Jember, Wings Air Tetap Beroperasi

SURABAYA/JEMBER – Maskapai Garuda Indonesia untuk sementara waktu terpaksa menghentikan rute penerbangan Surabaya-Jember yang menghubungkan Bandara Internasional Juanda dengan Bandara Notohadinegoro karena sepinya penumpang. Meski demikian, maskapai lain yang melayani rute yang sama, Wings Air, masih beroperasi seperti biasa.

“Memang benar Garuda Indonesia tidak beroperasi sejak tanggal 9 Maret 2019 kemarin hingga 30 Maret 2019 karena low demand atau permintaan yang rendah,” jelas Manajer Garuda Indonesia area Jember, Joko Heru Satria, dilansir Bisnis. “Bulan Januari hingga April merupakan low season penerbangan sehingga jumlah penumpang Garuda Indonesia juga sepi selama beberapa bulan tersebut.”

Joko menambahkan, beberapa pekan lalu, okupansi penumpang Garuda Indonesia hanya berkisar 50 sampai 60 persen dari jumlah kursi yang tersedia sebanyak 70 kursi. Jumlah tersebut dikatakan masih di bawah rata-rata ideal keterisian penumpang yang seharusnya di atas 60 persen, yakni minimal 45 kursi yang terisi untuk setiap kali penerbangan.

“Pihak perusahaan juga sudah menyampaikan kepada para calon penumpang tentang tidak beroperasinya Garuda Indonesia rute Surabaya-Jember karena beberapa faktor tersebut,” lanjut Joko. “Semua sistem di Garuda Indonesia sudah dalam jaringan (online) dan penumpang juga dapat mengetahui informasi tersebut melalui call center Garuda.”

Sebelumnya, per Januari 2019 kemarin, maskapai Garuda Indonesia sudah mengurangi frekuensi penerbangan rute Surabaya-Jember PP dari setiap hari menjadi empat hari dalam seminggu. Penerbangan rute tersebut dilayani maskapai pelat merah pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, sebelum akhirnya harus dihentikan sementara karena sepi penumpang.

Sementara itu, Kepala Bandara Notohadinegoro Jember, Edy Purnomo, menuturkan bahwa meski Garuda Indonesia untuk sementara waktu tidak beroperasi, namun maskapai Wings Air tetap beroperasi melayani penumpang dari Jember menuju Surabaya maupun sebaliknya. Pada hari Senin (11/3) kemarin, Wings Air mengangkut 45 penumpang dari Jember menuju Surabaya, serta 40 orang dari Surabaya menuju Jember.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *