Gunakan GeNose C19 di Bandara, Penumpang Harus Datang Lebih Awal

Alat tes GeNose C19
Alat tes GeNose C19 - www.merdeka.com

JAKARTA – Mulai tanggal 1 April 2021, layanan GeNose C19 untuk mendeteksi virus corona akan disediakan di setidaknya empat bandara, termasuk Bandara Internasional Juanda. Bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan tersebut, disarankan untuk datang ke bandara paling lambat tiga jam sebelum jadwal keberangkatan guna mengantisipasi penumpukan atau kepadatan antrean.

“Calon penumpang disarankan untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 H-1 sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan atau kepadatan antrean atau selambat-lambatnya tiga jam sebelum keberangkatan,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dilansir dari Bisnis. “Calon penumpang juga diminta mendaftar dan membayar sesuai nomor urut di tempat yang telah disediakan.”

Setelah proses pembayaran selesai, petugas nantinya akan memberikan kantong GeNose C19 pada calon penumpang. Merujuk simulasi yang dilakukan beberapa hari lalu, waktu layanan pemeriksaan GeNose C19 yang dibutuhkan calon penumpang sejak mendaftar hingga menerima hasil tes berkisar antara 20 sampai 30 menit.

“PT Angkasa Pura I sangat mendukung rencana penerapan GeNose C19 sebagai salah satu alat tes Covid-19 di bandara, bersama swab antigen dan PCR, yang diinisiasi oleh pemerintah,” sambung Faik. “Rencana penerapan GeNose di bandara ini merupakan sentimen positif bagi sektor transportasi udara karena layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau akan mengurangi beban masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara, dan pada akhirnya dapat meningkatkan trafik penumpang pesawat udara.”

Menurut rencana, PT Angkasa Pura I akan menyediakan setidaknya 120 unit GeNose C19 di 15 bandara kelolaan mereka, dengan total kantong GeNose yang disediakan sebanyak 438.546 kantong per bulan. Jumlah kantong udara GeNose yang disediakan nantinya akan dievaluasi secara periodik sesuai dengan tren penggunaan layanan tersebut ke depannya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah mengonfirmasi bahwa untuk tahap awal, layanan GeNose C19 akan disediakan di empat bandara, yakni Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Husein Sastranegara, dan Bandara Internasional Kualanamu. Namun, menurut kabar terbaru, layanan GeNose C19 di Bandara Kualanamu harus ditunda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*