HUT ke-56, Lanudal Juanda Gelar Acara Tabur Bunga di Runway

Tabur bunga di acara HUT Lanudal Juanda ke-56 - suryamalang.tribunnews.com
Tabur bunga di acara HUT Lanudal Juanda ke-56 - suryamalang.tribunnews.com

Sidoarjo – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Lanudal Juanda ke-56, sebanyak 3 helikopter terbang rendah di runway Lanudal (Lapangan Udara Angkatan Laut) Juanda pada Rabu (12/8). Di belakang helikopter tersebut terdapat formasi 5 pesawat militer yang mengikuti.

Kemudian di tengah bandara, semua berhenti dan dilaksanakan prosesi tabur bunga oleh sejumlah pejabat TNI AL dari dalam pesawat NC 212 Cassa yang berada di barisan paling belakang. Selama proses acara, yakni dari awal keberangkatan, mengheningkan cipta, sampai kembali ke pangkalan, butuh waktu sekitar 30 menit saja. Selama itu pula seluruh penerbangan di Bandara Internasional Juanda, Surabaya dihentikan sejenak.

Kegiatan itu memang sengaja dilaksanakan untuk memperingati HUT Lanudal Juanda ke-56. “Tabur bunga seperti ini baru dua kali digelar, tahun lalu dan sekarang,” ujar Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (p) Muhammad Tohir, seperti dilansir Tribunnews.

Tohir menuturkan, acara tabur bunga ini digelar untuk mengenang jasa seluruh pahlawan yang telah berjuang untuk membela Indonesia, khususnya para pahlawan pendiri penerbangan TNI AL. “Tahun 1964 lalu pangkalan udara ini dibangun untuk kepentingan militer. Kemudian tahun 80-an dikelola bersama untuk mendukung penerbangan sipil. Kita jangan sekali-kali melupakan sejarah. Dan kita bersyukur sampai sekarang semua berjalan baik berkat sinergitas berbagai pihak,” imbuh Tohir.

Pada kesempatan yang sama, Danlanudal Muhammad Tohir juga menyampaikan permohonan maafnya terhadap seluruh penumpang di Bandara Juanda lantaran selama 30 menit runway Bandara Juanda dipakai untuk keperluan kegiatan tersebut. “Kita bersama mengheningkan cipta, mengenang jasa para pahlawan, kemudian tabur bunga. Persis 30 menit selesai,” tutupnya.

Setelah kegiatan tabur bunga di runway Bandara Juanda, dilanjutkan dengan acara tasyakuran secara sederhana di gedung Museum Penerbangan Lanudal Juanda dengan menyaksikan video filler atau ucapan selama HUT Lanudal Juanda ke-56. Kegiatan perayaan tersebut dilaksanakan tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan physical distancing untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*