Libur Panjang Kemerdekaan RI, Penumpang Bandara Juanda Naik 24 Persen

Suasana di Bandara Internasional Juanda - www.suarasurabaya.net

SURABAYA – Jumlah penumpang pesawat rute domestik di Bandara Internasional Juanda tercatat mengalami kenaikan sebesar 24 persen selama masa libur panjang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 pada pekan lalu. Kenaikan ini bahkan melebihi jumlah penumpang ketika liburan perayaan Hari Raya Idul Adha, yang juga bertepatan pada akhir pekan.

“Pada periode liburan kali ini, tercatat jumlah penumpang dari tanggal 14 Agustus hingga 19 Agustus telah mencapai 86.923 penumpang. Sementara, pada libur Hari Raya Idul Adha, ada 70.141 penumpang yang terhitung tanggal 28 Juli hingga 2 Agustus,” papar General Manager Bandara Juanda, Heru Prasetyo, dilansir CNN Indonesia. “Jumlah pergerakan penumpang tertinggi per hari pada periode libur kali ini mencapai 17.869 penumpang pada tanggal 15 Agustus dan pergerakan pesawat tertinggi mencapai 180 penerbangan pada tanggal 14 Agustus.”

Ia melanjutkan, puncak kepadatan keberangkatan dan kedatangan penumpang terjadi pada tanggal 15 Agustus 2020, yakni sebanyak 9.806 penumpang yang berangkat dan 8.063 penumpang yang datang. Sementara, untuk pergerakan pesawat yang berangkat, cenderung stabil, dengan jumlah 86 penerbangan keberangkatan dan puncak pergerakan pesawat yang datang terjadi pada tanggal 14 Agustus 2020 sebanyak 85 penerbangan.

“Dengan terus bertambahnya jumlah penumpang, kami juga terus memantau implementasi penegakan protokol kesehatan, saat akan terbang atau datang, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa,” tambah Heru. “Adapun protokol kesehatan yang telah kami lakukan, di antaranya pemeriksaan suhu tubuh penumpang dan petugas bandara, penyediaan cairan pembersih tangan, pengaturan pembatasan tempat duduk di ruang tunggu, pemasangan tanda batas untuk physical distancing, wajib menggunakan masker, dan lain sebagainya.”

Tak hanya fokus pada penerapan protokol kesehatan, pihak Bandara Juanda juga memperhatikan aspek pengamanan, baik sisi udara maupun sisi darat. Karena itu, beberapa waktu lalu, manajemen Bandara Juanda menggelar ASC Meeting untuk mewujudkan layanan berskala global dalam standar keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang meliputi aspek safety, security, service, dan compliance.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*