Libur Pemilu, Penerbangan Lion Air Group ke Sejumlah Rute Padat

Jakarta – Lion Air Group melaporkan adanya kepadatan penumpang pesawat di beberapa rute penerbangan selama libur panjang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Pihak Lion Air Group memperkirakan pertumbuhan permintaan jasa angkutan udara pada libur panjang April 2019 ini cukup signifikan meski masih berada dalam low season atau musim sepi penumpang.

“Hal itu dari total kapasitas operasional regular atau regular flight maskapai. Informasi rute penerbangan yang diproyeksikan mengalami permintaan meningkat Lion Air Group yang dilayani setiap hari (daily flight), dengan rincian Lion Air, yakni dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Kualanamu, Padang, Riau, Lampung, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya,” ujar Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala di Jakarta, Rabu (17/4), seperti dilansir Antara.

Kemudian permintaan penerbangan maskapai Batik Air dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang ke Padang, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Bandara Juanda Surabaya, dan Kupang. Sedangkan Wings Air dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali ke Labuan Bajo, Lombok, dan Semarang.

Maskapai Lion Air mengoperasikan pesawat tipe Boeing 737-900ER (215 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737-800NG (189 kursi kelas ekonomi). Batik Air akan menggunakan pesawat tipe Boeing 737-900ER (12 kursi kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi), Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi), serta Airbus A320-200CEO (12 kelas ekonomi dan 144 kelas bisnis). Sedangkan Wings Air memanfaatkan armada pesawat ATR72-600/500 dengan kapasitas 72 penumpang kelas ekonomi.

Di sisi lain, penumpang di Bandara Soetta setelah pelaksanaan Pemilu 2019 justru dilaporkan tak sepadat hari normal. “Dibandingkan hari biasa memang agak sepi, mungkin juga karena Pemilu,” ucap salah satu petugas keamanan di Terminal 3 Bandara Soetta, Yana Rusdiana.

Tak jauh berbeda, di Bandara El Tari Kupang, Rabu (17/4) pagi atau saat Pemilu 2019 berlangsung juga penerbangan tampak sepi. “Tadi pagi pukul 06.25 WITA memang ada pesawat Garuda yang berangkat tujuan Surabaya dan Jakarta. Begitupun penerbangan Wings Air antarwilayah, tetapi penumpang tidak terlalu banyak,” ucap Airport Duty Manager Bandara El Tari Iwan, Rabu (17/4).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*