Penerbangan Lion Air Bandara Juanda-Pontianak Bakal Transit Dulu di Jakarta

Maskapai Lion Air - www.radarcirebon.com
Maskapai Lion Air - www.radarcirebon.com

Pontianak – Penerbangan Lion Air yang melayani rute dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Pontianak melalui Bandara Internasional Supadio di Kubu Raya untuk sementara waktu terpaksa tidak beroperasi. Hal ini terjadi menyusul adanya larangan dari Gubernur Kalbar Sutarmidji setelah kasus baru Covid-19.

“Rute dari SUB – PNK tidak beroperasi sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut dampak wabah COVID-19,” kata Distrik Manager Lion Air Group Pontianak Lukman Nurjaman di Pontianak, Selasa (4/8), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Lukman mengatakan, dengan kondisi seperti sekarang maka penumpang Lion Air rute Surabaya-Pontianak akan diberangkatkan dengan sistem transit. “Penumpang transit dulu ke Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK),” tutur Lukman.

Sebagai informasi, maskapai penerbangan Citilink dan Lion Air dilarang mengangkut penumpang dari Surabaya, Jawa Timur ke Pontianak, Kalimantan Barat selama sepekan. Kebijakan ini dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat lantaran sejumlah penumpang dari 2 maskapai itu dinyatakan reaktif berdasar hasil uji rapid test yang dilakukan secara acak oleh Dinas Kesehatan Kalbar di Bandar Udara Internasional Supadio.

“Dinas Kesehatan Kalimantan Barat melalukan uji rapid test acak terhadap seluruh penumpang pesawat terbang Citilink dan Lion Air dari Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 2 penumpang Citilink dan 1 penumpang Lion Air reaktif,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson, Senin (3/8) lalu.

Menurutnya, ketiga orang yang reaktif tersebut sudah langsung menjadi tes swab untuk dipastikan positif Covid-19 atau tidak. “Jadi sebenarnya setiap pelaku perjalanan harus rapid test dulu. Kalau hasilnya non-reaktif baru boleh berjalan,” jelas Harisson.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk selalu mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan dan upaya untuk meminimalisir penyebaran virus corona selama masa pandemi.

“Lion Air Group memiliki keseriusan dalam setiap pelaksanaan operasional penerbangan, memastikan bahwa pesawat kondisi aman dan laik terbang guna merencanakan dengan tepat persiapan penerbangan,” tutup Danang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*