Transisi New Normal, Penerbangan Sumenep-Surabaya PP Kembali Dibuka

Maskapai Wings Air tujuan Sumenep-Surabaya - www.airmagz.com

SURABAYA/SUMENEP – Memasuki masa transisi menjelang era new normal, Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, ternyata sudah kembali beroperasi sejak tanggal 10 Juni 2020 lalu. Melayani rute Sumenep-Pagerungan PP dan Sumenep-Surabaya PP, warga yang hendak bepergian melalui pelabuhan udara ini diwajibkan menaati protokol kesehatan.

“Syaratnya mematuhi protokol kesehatan. Bagi warga yang akan melakukan penerbangan, selain memakai masker dan cuci tangan, juga harus menyertakan surat keterangan sehat dari puskesmas setempat,” jelas Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, dilansir dari Portal Madura. “Ini berlaku bagi penumpang tujuan Sumenep-Pagerungan dan Sumenep-Surabaya.”

Hal itu berbeda dengan warga yang hendak melakukan penerbangan dengan tujuan Sumenep-Bawean yang diwajibkan menyertakan hasil rapid test. Pasalnya, di Pulau Bawean, hingga saat ini tidak ada alat rapid test. “Pada hari pertama dibuka, ada 15 penumpang yang terbang dengan tujuan Pagerungan,” sambung Indra.

Tidak hanya penumpang, penerapan protokol kesehatan COVID-19 juga diberlakukan bagi semua pesawat yang melayani penerbangan di Bandara Trunojoyo, Sumenep. Bagi pesawat perintis dengan seat 12 penumpang, saat ini hanya melayani atau membawa 6 orang penumpang. Hal yang sama bagi pesawat Wings Air tujuan Sumenep-Surabaya, kapasitas maksimal 25 penumpang.

Lalu, jika penerbangan rute Sumenep-Surabaya sudah mulai dilayani, bagaimana dengan penerbangan relasi Surabaya-Pulau Bawean dan sebaliknya? Hingga berita ini ditayangkan, belum ada kabar yang menyebutkan bahwa rute tersebut kembali dibuka. Seperti diketahui, penerbangan Surabaya-Bawean PP dihentikan sementara waktu mulai tanggal 24 April 2020 lalu karena ada wabah virus corona.

Penerbangan rute Surabaya-Bawean sendiri dilayani maskapai Susi Air dengan pesawat perintis sejak pertengahan 2019 lalu. Dengan kapasitas 12 penumpang, pesawat melayani perjalanan sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni Rabu, Kamis, dan Jumat, dengan harga tiket Rp342 ribuan. Sebelum Susi Air, rute tersebut dioperasikan oleh Airfast Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*