Raih Penghargaan Internasional, Angkasa Pura I Rajin Kembangkan Kualitas SDM

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi - www.wartaekonomi.co.id

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) selaku BUMN pengelola bandara berupaya untuk memberi layanan berskala global terkait dengan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan supaya dapat memenuhi harapan para pemangku kepentingan. Oleh sebab itu, AP I rajin mengembangkan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

“Pengelolaan SDM yang unggul ini menjadi misi dan nilai perusahaan,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, seperti dilansir RMCO. Guna menciptakan SDM yang unggul, AP I konsisten mengembangkan kompetensi SDM lewat kerja sama pelatihan kebandarudaraan dengan salah satu pengelola bandara terbaik di dunia yaitu Incheon International Airport Corporation (IIAC) sejak tahun 2018.

Program pelatihan kebandarudaraan tersebut mencakup pelatihan mengenai airport operations and management, airport commercial, airport customer satisfaction, airport human resource management, dan hal terkait operasional bandara lainnya.

“Unggul merupakan salah satu nilai perusahaan di mana karyawan didorong untuk menjaga antusiasmenya dalam belajar dan meningkatkan daya saing untuk kemajuan perusahaan. Melalui antusiasme yang tetap terjaga, maka kinerja unggul dan pelayanan prima yang dilakukan pada akhirnya mendatangkan pengakuan dan apresiasi dari para pemangku kepentingan, bahkan lembaga prestisius di bidang kebandarudaraan tingkat dunia sekalipun,” jelas Faik.

Bandara-bandara yang berada di bawah pengelolaan AP I konsisten meraih penghargaan prestisius dunia dalam ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards, yang merupakan satu-satunya program benchmarking global untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang pesawat di bandara yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI), organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Beberapa bandara AP I yang menyabet penghargaan bergengsi adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang meraih penghargaan ASQ Awards 2018, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang juga mendapat penghargaan di ajang yang sama, serta tak ketinggalan Bandara Juanda Surabaya yang meraih penghargaan The 3rd place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year di ajang ASQ Awards 2017.

Kualitas SDM yang terjaga tentunya penting untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan agar semakin diakui oleh dunia, sehingga meningkatkan peluang untuk mengelola bandar-bandara di luar negeri. “Hal ini tentunya akan semakin memperkuat portofolio Angkasa Pura I sebagai perusahaan pengelola bandara kelas dunia,” tandas Faik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*