Proyek Perluasan Terminal 1 Bandara Juanda Hampir Selesai

Bandara Juanda Surabaya - mediaindonesia.com
Bandara Juanda Surabaya - mediaindonesia.com

Sidoarjo – Bandara Internasional Juanda Surabaya merupakan bandar udara yang paling padat di kawasan Jawa Timur dengan jumlah penumpang mencapai 5 juta orang hingga September 2020 lalu. Oleh sebab itu, sejak beberapa waktu lalu PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda telah melakukan proyek perluasan Bandara Juanda.

Adapun perluasan pembangunan Terminal 1 Bandara Juanda kabarnya akan segera rampung. Sejauh ini progres pembangunan Terminal I Bandara Juanda sudah mencapai 93,51 persen. Sebelumnya terminal tersebut memiliki luas 62.700 meter persegi dan ke depannya diperluas menjadi 91.700 meter persegi.

“Saat ini dalam tahap merampungkan pekerjaan perluasan dan pembenahan interior T1 beserta fasilitasnya. Progres pembangunan T1 saat ini telah mencapai 93,51 persen,” kata General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya, Indah Preastuty, Selasa (20/10), seperti dilansir Medcom.

Indah menjelaskan bahwa perluasan Terminal 1 Bandara Juanda ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna jasa. Dengan demikian, Bandara Juanda dapat semakin optimal dalam melayani pengguna jasa yang hendak bepergian. “Terutama untuk mendukung geliat perekonomian dan pariwisata Jawa Timur,” ujar Indah.

Proyek perluasan Terminal 1 Bandara Juanda sendiri telah dilakukan dari Agustus 2019 lalu. “Yang awalnya memiliki kapasitas enam juta penumpang per tahun, dengan perluasan ini diperkirakan mencapai 13,6 juta penumpang per tahun,” sambung Indah.

Menurut Indah, Bandara Juanda telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan perekonomian di masa pandemi. Oleh sebab itu, pada triwulan ketiga terjadi peningkatan yang cukup signifikan. “Peningkatan jumlah penumpang diperkirakan akan terjadi lagi di akhir tahun mendatang. Karena ada dua moment besar yaitu hari natal dan tahun baru,” jelas Indah.

Nantinya, perluasan Terminal 1 Bandara Juanda akan difungsikan sebagai terminal pemberangkatan umrah. Demi menjamin kenyamanan para penumpang yang hendak bepergian melalui jalur udara, pihak Bandara Juanda juga melakukan pembenahan fasilitas. “Seperti jumlah pax/hour, area komersial, check in counter, ruang tunggu, jumlah seat (tempat duduk), kit area (playground), eskalator, elevator lift, travelator, gate, toilet, musala dan area parkir,” tandas Indah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*