Bandara Juanda Mulai Sediakan GeNose, Ini Tarifnya

Rapid Test - www.ayotasik.com
Rapid Test - www.ayotasik.com

Sidoarjo – Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai menggunakan tes GeNose C19 sejak tanggal 1 April 2021 lalu. Penggunaan GeNose tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor: SE 26 Tahun 2021, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Covid-19.

Penyediaan layanan pemeriksaan GeNose juga dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di kalangan para penumpang pesawat. “Kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan layanan kebandarudaraan terbaik pada masa adaptasi kebiasaan baru, terutama dalam memberikan tambahan layanan alat deteksi GeNose C19 di bandara,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda, Kamis (1/4), seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Faik menjelaskan, untuk para calon penumpang yang berencana memakai layanan tes GeNose diharapkan untuk memerhatikan waktu operasional, waktu kedatangan di bandara, dan prosedur pelayanannya. “Kapasitas layanan GeNose C-19 pada tahap awal ini masih terbatas,” ungkap Faik.

Untuk menghindari penumpukan antrean di bandara, PT Angkasa Pura I mengimbau calon penumpang untuk memerhatikan sejumlah hal. Misalnya saja, calon penumpang sebaiknya tidak hanya mengandalkan layanan GeNose, serta sebelum menjalani tes pastikan harus tiba di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan. “Sebagai gantinya bisa menggunakan layanan tes swab antigen dan PCR untuk menghindari penumpukan antrean,” tutur Faik.

Adapun harga atau biaya layanan GeNose C19 di Bandara Juanda dipatok Rp40.000. Kemudian, kapasitas pemeriksaan untuk 1 mesin GeNose bisa melakukan sebanyak 10-12 pemeriksaan kantung udara yang berisi embusan napas dalam 1 jam. Sedangkan jadwal operasional layanan GeNose di Bandara Juanda adalah sejak pukul 11.00 WIB sampai jam 19.00 WIB. Bandara Juanda setidaknya menyediakan 10 mesin GeNose C19.

“Sehingga kapasitas pemeriksaan tiap jam sekitar 100 pemeriksaan kantung udara atau 800 pemeriksaan selama 8 jam waktu operasional. Sedangkan rata-rata trafik keberangkatan di Bandara Juanda sekitar 6.000 penumpang per hari,” tandas Faik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*