Perbaikan Kinerja, Angkasa Pura I Lakukan Transformasi Bisnis

Angkasa Pura I - www.kompas.tv

Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) berupaya melakukan transformasi bisnis secara menyeluruh untuk memperbaiki kinerja dan menciptakan bisnis ke depan yang berkelanjutan. Seperti diketahui, aktivitas bisnis dan kinerja AP I mengalami tekanan karena pandemi yang melanda Indonesia selama dua tahun ini.

Menurut Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Angkasa Pura I, Yudi Rizkyardie Darun, transformasi bisnis mencakup 4 aspek utama, yaitu business turnaround, transformasi organisasi dan budaya, restrukturisasi finansial, serta digitalisasi.

“Pada business turnaround merupakan transformasi operasional dan strategi bisnis Angkasa Pura I untuk memaksimalkan value proposition dengan key initiatives activities salah satunya dengan peningkatan pertumbuhan trafik, maksimalisasi pendapatan dan implementasi strategi hub & spoke airport,” terang Yudi, seperti dikutip dari Kontan.

Kemudian dalam business turnaround, Angkasa Pura I juga akan melakukan dual transformation, baik dari segi operational excellence maupun business transformation serta peningkatan Customer Experience dan Optimasi Capital Expenditure dan Operating Expenditure.

Aspek kedua organization and culture, di mana Angkasa Pura I mengembangkan sumber daya manusia dan budaya Angkasa Pura I dengan tujuan untuk memberikan layanan yang terbaik. Aspek ketiga, financial restructuring yaitu rencana Angkasa Pura I sebagai solusi untuk menghadapi penurunan kinerja keuangan dan tekanan likuiditas akibat pandemi saat ini.

Aspek terakhir adalah digital transformasi sebagai key enabler dengan implementasi digitalisasi, baik pada aspek struktur, proses, maupun people. Pilar tersebut berfokus pada lean operation (dengan teknologi sebagai enablement) dan IT monetizing.

“Program Transformasi Perusahaan ini ditandai dengan dibentuknya tim Transformation Office Angkasa Pura I yang mencakup 5 Workstream dengan beranggotakan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (AVIATA) sebagai holding, PT Angkasa Pura I dan anak perusahaannya yang dipimpin dan dimonitor langsung oleh para Direksi. Untuk memastikan percepatan pelaksanaan program transformasi Angkasa Pura I, dalam hal ini, kementerian BUMN juga telah membentuk Tim Project Management Office (PMO),” katanya.

Dalam transformasi bisnis tersebut, AP I akan fokus mengembangkan inti bisnis yaitu jasa kebandarudaraan (aeronautical business dan non aeronautical business termasuk cargo dan logistic) dan jasa terkait bandar udara. Selain itu, Angkasa Pura I juga mengembangkan usaha melalui inisiatif unorganic seperti program rencana divestasi asset yang tidak berkaitan dengan operasional perusahaan, optimalisasi portofolio anak usaha serta airport partnership di beberapa bandara potensial.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*