Penumpang Pesawat Wajib Vaksin Booster, AP I Sediakan Sentra Vaksinasi di 15 Bandara

Vaksinasi - www.pnas.org
Vaksinasi - www.pnas.org

JAKARTA – Mulai tanggal 29 September 2022, penumpang pesawat rute domestik berusia 18 tahun ke atas diwajibkan sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster, sedangkan penumpang berusia 6 sampai 17 tahun minimal telah menerima vaksin dosis kedua. Untuk mendukung aturan tersebut, PT Angkasa Pura I pun menyediakan sentra vaksinasi di 15 bandara yang mereka kelola.

Ketentuan terbaru tertuang dalam Surat Edaran (SE) No.82/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jika PPDN (pelaku perjalanan dalam negeri) dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak bisa menerima vaksinasi, maka dikecualikan dari syarat vaksinasi, tetapi wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Sementara itu, bagi PPDN (pelaku perjalanan dalam negeri) berstatus WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas, wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua. Bagi PPDN berstatus WNA yang berasal perjalanan luar negeri dengan usia 6 sampai 17 tahun, dikecualikan dari kewajiban vaksinasi.

Untuk mendukung implementasi aturan perjalanan terbaru tersebut, PT Angkasa Pura I telah mengoperasikan layanan sentra vaksinasi Covid-19 di 15 bandara yang dikelola. Hal ini juga ditujukan untuk mendorong percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah, serta untuk mempermudah calon penumpang untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang merupakan salah satu syarat perjalanan udara di masa pandemi.

“Layanan sentra vaksinasi Covid-19 yang dihadirkan di bandara yang kami kelola ini diharapkan dapat meningkatkan angka vaksinasi dosis kedua dan ketiga atau booster bagi seluruh pengguna jasa bandara,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dilansir dari Liputan6. “PT Angkasa Pura I bersama dengan seluruh anggota komunitas bandara juga turut memastikan pelaksanaan vaksinasi di bandara dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.”

Dalam pengoperasian layanan sentra vaksinasi Covid-19 tersebut, PT Angkasa Pura I bekerja sama dengan beberapa instansi yang merupakan anggota komunitas bandara, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Kesehatan, TNI, Polri, Kantor Otoritas Bandara, dan Satgas Penanganan Covid-19 Daerah. Di Bandara Internasional Juanda, layanan tersebut tersedia di lobby keberangkatan Terminal 1.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*