Juni 2021, Wings Air Diperkirakan Kembali Layani Penerbangan Sumenep-Surabaya

Maskapai Wings Air - radarmadura.jawapos.com

Sumenep – Maskapai Wings Air (Wings Abadi Airlines) sudah setahun ini tak melayani rute penerbangan dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya ke Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur. Hal tersebut diperkirakan akan berlangsung sampai akhir bulan Mei 2021 ini.

“Wings Air belum bisa melaksanakan penerbangan pada rute tersebut. Ditambah situasi pandemi Covid-19,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (Bandara) Kelas III Trunojoyo Sumenep, M. Qodri Arqodri Arman, Jumat (21/5), seperti dilansir Portalmadura.

Maskapai Wings Air diketahui menghentikan sementara pelayanan penerbangan rute Sumenep-Surabaya sejak Maret 2020 usai virus corona (Covid-19) merebak di Indonesia. Penghentian sementara rute Sumenep-Surabaya dilakukan karena pengguna jasa pesawat yang minim dari Sumenep serta adanya kebijakan yang ketat dari pemerintah.

Menurut Qodri, penumpang pesawat rute Sumenep-Surabaya selama ini ditargetkan sejumlah 35 seat atau tempat duduk. Sayangnya, jumlah pengguna jasa kerap tidak mencapai target, sehingga operasional penerbangan terpaksa dihentikan untuk sementara waktu. “Jika sudah ada penumpang yang memenuhi target, akan kembali dioperasikan. Kami juga minta dukungan media dengan adanya informasi ini masyarakat bisa kembali menggunakan maskapai Wings Air,” papar Qodri.

Adapun untuk penjualan tiket pesawat Wings Air rute Sumenep-Surabaya sebenarnya setiap hari ada, namun pengguna jasanya sangat minim. “Meski penjualan tiket menggunakan aplikasi, tetap tidak mencapai target,” beber Qodri. Sementara itu, pelayanan penerbangan perintis pada rute Sumenep-Pagerungan dan Sumenep-Bawean tetap beroperasi dengan jumlah okupansi maksimal. “12 seat terisi semua,” katanya.

Ia menjelaskan, jarak tempuh penerbangan Sumenep-Pagerungan hanya membutuhkan waktu 1 jam dengan memanfaatkan Bandara Pagerungan yang terletak di Desa Pagerungan Besar, Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken. Bandara Pagerungan sendiri merupakan bandar udara Kontraktor Kontrak Kerja (K3S) Kangean Energi Indonesia, Ltd (KEI) yang disetujui oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menjadi bandara umum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*