Juni 2022, Bandara Angkasa Pura I Layani 4,7 Juta Penumpang

Suasana penumpang di Bandara Internasional Juanda - www.antaranews.com

JAKARTA – PT Angkasa Pura I melaporkan bahwa ada 4,715 juta pergerakan penumpang dan 39.706 pergerakan pesawat di 15 bandara yang mereka kelola sepanjang bulan Juni 2022 kemarin. Jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, ada kenaikan sebesar 37 persen untuk pergerakan penumpang dan enam persen untuk pergerakan pesawat, menandakan bahwa sektor penerbangan berangsur pulih setelah dihantam badai Covid-19.

“Pertumbuhan tersebut cukup tinggi,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dikutip dari Kompas.com. “Tren pertumbuhan penumpang yang terus terjadi di sepanjang tahun ini tentu merupakan pertanda positif dan semakin pulihnya kembali rasa kepercayaan diri masyarakat untuk bepergian menggunakan transportasi udara.”

Dari ke-15 bandara kelolaan PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar melayani penumpang paling banyak, yakni sebesar 1,1 juta penumpang, dengan rincian 745.188 penumpang rute domestik dan 364.910 penumpang rute internasional. Kemudian, disusul Bandara Internasional Juanda dengan 995.621 penumpang, terdiri dari 855.345 penumpang rute domestik, 74.334 penumpang rute internasional, dan 65.942 penumpang transit.

Formasi yang sama berlaku untuk pergerakan pesawat. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga berada di peringkat pertama dengan 7.027 pergerakan, rinciannya 5.105 pergerakan pesawat rute domestik dan 1.922 pergerakan pesawat rute internasional. Bandara Internasional Juanda menyusul di kedua dengan total 6.839 pergerakan pesawat, terdiri dari 6.355 penerbangan rute domestik dan 484 penerbangan rute internasional.

Saat ini, pemerintah memberlakukan aturan baru terkait perjalanan menggunakan transportasi umum, termasuk pesawat udara. Penumpang yang bepergian menggunakan pesawat untuk rute domestik, diwajibkan sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster. Jika belum, maka diharuskan menyertakan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Meski ada aturan baru, tampaknya tidak berpengaruh bagi arus penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda. Pada hari pertama pemberlakuan aturan baru itu, atau tanggal 17 Juli 2022, arus penumpang pesawat tetap ramai. Sejumlah calon penumpang tampak memenuhi pintu masuk ruang keberangkatan domestik untuk berangkat terbang menuju daerah tujuan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*